Wednesday 3 June 2015

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan – Kacang hijau ini selain enak dikonsumsi ketika dibuat sebagai bubur yang dinamakan bubur kacang hijau. Selain itu juga, minuman yang terbuat dari kacang hijau juga telah ada dijaman sekarang ini. Namun, perlu diketahui bahwa selain hal tersebut kacang hijau ini sangat bermanfaat juga untuk kesehatan, itu semua karena kandungan dan khasiatnya yang terkandung didalam kacang hijau. Maka dari itu, mari kita ketahui dan rasakan khasiat dan manfaat kacang hijau bagi kesehatan.

Manfaat Hacang Hijau
manfaat kacang hijau untuk kesehatan

Apa Itu Kacang Hijau?

Kacang hijau merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan (Fabaceae) yang mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi seperti protein, Vitamin , serat, fosfor, kalsium dan lemak tak jenuh yang tentunya sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.
Perlu Anda ketahui bahwa kacang hijau ini merupakan jenis tanaman yang sangat terjangkau dan begitu mudah untuk mendapatkannya khususnya di daerah saya sendiri dan umumnya di negara Indonesia. Selain itu, banyak juga jenis-jenis makanan yang terbuat dari kacang hijau, seperti kue kacang hijau, roti kacang hijau, bubur kacang hijau, es kacang hijau dan masih banyak lagi yang lainnya.
Seperi kita ketahui diatas bahwa begitu banyak jenis makanan yang terbuat dari kacang hijau itu semua karena kandungan dari kacang hijau yang begitu banyak. Apa saja kandungannya? Mari kita ketahui terlebih dahulu kandungan dari kacang hijau ini sebelum kemanfaat yang akan kita dapatkan.

Kandungan dari Kacang Hijau

Kacang hijau yang bermanfaat untuk kesehatan ini tentunya memiliki banyak kandungan. Nah, inilah selengkapnya kandungan dari kacang hijau, yaitu sebagai berikut:
1.    Vitamin
Kandungan Vitamin yang ada didalam kacang hijau ini diantaranya; Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, asam folat, thiamin, riboflavin, B6, niasin dan pantothenat. Perlu diketahui bahwa vitamin-vitamin tersebut sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan metabolisme dan energi bagi tubuh.

2.    Asam Lemak Esensial
Asam lemak esensial yang terkandung didalam kacang hijau ini dapat bemanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah dan selain itu juga kacang hiaju mengandung omega 6 yang baik untuk kesehatan.

3.    Karbohidrat
Karbohidrat tidak hanya terdapat pada nasi saja, namu kandungan ini dapat juga kita dapatkan dari kacang hijau. Kandungan karbohidrat yang dimiliki didalam kacang hijau ini adalah 19 gram/100 gram.

4.    Antioksidan
Perlu diketahui bahwa kandungan fitosterol yang ada dialam kacang hijau ini sangat berfungsi sebagai antioksidan.

5.    Mineral
Kandungan mineral didalam kacang hijau ini diantaranya; selenium, magnesium, besi, zinc, phosphorus, manganese, dan potasium. Nah, maka dari itulah kandungan mineral dari kacang hijau sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

6.    Tinggi Serat
Kacang hijau memiliki kandungan yang tinggi akan serat, nah sedikit dikupas bahwa serat inti akan bermanfaat sekali untuk kesehata salah satunya untuk melancarkan saluran pencernaan.

7.    Rendah Lemak
Kandungan yang rendah akan lemak dari kacang hiaju sangat bermanfaat sekali dan layank untuk dikonsumsi karena akan terhindar dari menambahnya kolestrol lemak berlebih dan yang jeas terhindar dari kegemukan.

8.    Tinggi Protein
Protein yang tinggi dari kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.
Nah, itulah beberapa kandungan dari kacang hijau dari referensi yang telah saya baca dan saya ketahui. Sekarang mari kita ketahui lebih rinci lagi dari manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh yang bisa dengan mudah Anda dapatkan.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Setelah diatas memaparkan begitu jelas dari definisi hingga kandungan dari kacang hijau yang begitu banyak sekali kandungannya dan segaligus sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya, inilah manfaat dari kacang hijau untuk kesehatan yaitu sebagai berikut: 
1.    Bermanfaat Untuk Kesehatan Mata
Dengan mengkonsum jenis makanan terutama bubur yang terbuat dari kacang hijau secara rutin disetiap harinya dapat bermanfaat sekali untuk kesehatan mata. Mengapa demikian? Itu semua karena kandungan vitamin A yang terkandung didalam kacang hijau yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Jadi, konsumsilah kacang hiaju dengan cara Anda sendiri baik dibubur maupun dengan cara yang lainnya.

2.    Bermanfaat Untuk Ibu Hamil
Kandunga yang ada didalam kacang hijau yang bermanfaat untuk ibu hami diantaranya; Vitamin B1, B2, asam folat, karbohidrat, lemak tak jenuh, kalsium, fosfor dan protein. Hal tersebutlah yang baik sekali untuk ibu hamil terutama untuk menjaga kesehatan janin. Maka dari itu, untuk ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau untuk kesehatan kehamilannya terutama janin yang dikandungnya.

3.    Bermanfaat Untuk Melancarkan Aliran Darah
Pelu diketahui kandungan yang ada didalam kacang hijau mampuh membantu mengatasi lemak jenuh yang ada di arteri sehingga dapat memperlancar aliran darah didalam tubuh. Maka dari itu, konsumsilah kacang hijau untuk melancarkan aliran darah didalm tubuh.

4.    Bermanfaat Untuk Meningkatkan Sel-sel Syaraf
Kandungan vitamin B1 yang terkandung didalam kacang hijau dapat bermanfaat untuk meningkatkan sel-sel syaraf. Maka dari itu, mulailah untuk memperbanyak mengkonsumsi kacang hijau sesuai dengan selera Anda.

5.    Bermanfaat Untuk Meperkuat Tulang dan Gigi
Dengan mengkonsumsi kacang hijau secara rutin disetiap harinya dapat bermanfaat mnguatkan dan menyehatkan tulang dan gigi. Mengapa demikian? Karena didalam kacang hijau terkandung phosphor dan kalsium yang sangat membantu regenerasi pembentukan tulang dan gigi. Jadi, mulailah untuk mengkonsumsi kacng hijau secara rutin disetiap harinya.

6.    Bermanfaat Untuk Mencegah Kanker Payudara
Jenis kacang-kacangan termasuk kacang hiaju ini memiliki kandung zat yang bermanfaat sekali untuk memrangin infeksi virus. Maka zat ini dapat bermanfaat memperlambat pertumbuhan kanker termasuk kanker payudara ini. Seiring dengan itu, cegahlah kanker sekarang juga dengan cara mengkonsumsi jenis kacang-kacangan terutama dalam hal ini kacang hijau.

7.    Bermanfaat Untuk Mengobati Diabetes
Kacang hijau ini ternyata dapat bermanfaat juga untuk mengobati diabetes. Mengapa demikian? Karena kacang hijau mengandung indeks glikemik rendah, maka dari itu berarti makanan jenis kacang hijau sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jadi, sembuhkanlah diabetes Anda hanya dengan mengkonsumsi kacang hijau.


!!!
Itulah info terbaru dari beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan baik itu untuk pria maupun wanita. Jadi, mulailah untuk mengkonsumsi kacang hijau sekarang juga dan rasakan khasiatnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Amin.
Sumber: http://sehatalami99.blogspot.com/2013/08/manfaat-kacang-hijau.html

!!
Jangan lupa untuk terus berkunjung dan mengikuti update terbarunya dari blog Berita Sehat Lengkap ini. Oh iya, jika Anda memiliki tips-tips yang lebih ampuh dari tips di atas, boleh dituliskan dikomentar. Selain itu juga, mohon dishare ketemen-temen Anda jika memang artikel ini sangatlah bermanfaat. Terimakasih.

“Jangan Bilang PHP Jika Belum Merasakan Manfaat dan Khasiatnya”


!
Jangan lewatkan artikel terkait dan sebelumnya, yaitu sebagai berikut:
•    Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kulit Wajah
•    Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
•    Manfaat Kopi Untuk Kulit Wajah

Sekian dan Terimakasih