Monday 16 February 2015

Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami dan Mudah

Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami dan Mudah – Menjaga kesehatan mata merupakan keharusan bagi setiap orang. Mengapa? Karena mata merupakan bagian tubuh yang sangatlah penting dan tanpa mata kita tidak dapat melihat alam yang ada disekitar kita. Maka dari itu, jangan biarkan mata Anda terserang oleh penyakit karena jika sudah terkena penyakit, itu sangat berbahaya sekali apalagi samapai mengalami kebutaan. Nah, seiring dengan itu didalam kesempatan kali ini saya akan mencoba share tentang tips cara menjaga kesehatan mata yang bisa dengan mudah Anda lakukan.
Tips Menjaga Kesehatan Mata
tips menjaga kesehatan mata
 
Selain hal tersebut diatas, menjaga kesehatan mata ini tidaklah susah (mudah) selama ada kemauan. Mengapa bisa disebutkan mudah? Karena dibawah ini akan dipaparkan tentang tips menjaga kesehatan mata secara alami dan mudah. Maka dari itu menjaga kesehatan mata terbilang mudah.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Berdasarkan pemaparan diatas yaitu menjaga kesehatan mata sangatlah diperlukan dan terbilang mudah. Maka dari itu inilah cara menjaga kesehatan mata, yaitu sebagai berikut:
1.    Dengan Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin A
Agar mata Anda tetap terjaga dan sehat, sebaiknya Anda memperbanyak mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung Vitamin A. misalnya wortel, nah wotel ini mengandung Vitamin A dan juga mengandung beta karoten yang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Itulah alasannya mengapa harus memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A.

2.    Dengan Menghindari Mengucek Mata
Tahukah Anda mengucek? Mengucek itu sama halnya dengan menggosok atau semacamnyalah he he. Pokoknya jangan terlalu sering ataupun lamam mengucek mata ketika mata gatal apalagi dalam keadaan tangan kotor karena jika itu terjadi mata Anda akan mengalami kerusakan dan akan terasa sakit. Maka dari itu, hindarilah hal ini karena tidak baik untuk dilakukan.

3.    Dengan Mengistirahatkan Mata
Mengapa mata harus diistirahatkan? Karena jika terlalu dipaksakan mata akan terasa lelah dan akan berakibat buruk pada mata. Contohnya: jangan terlalu lama menonton TV, bekerja didepan komputer, membaca buka, apalagi itu semua sering dilakukan dengan jarak yang dekat. Wahhh sangat berbahaya sekali. Maka dari itu, istirahatkanlah mata Anda sebelum mata mengalami kelelahan dengan tingkat yang tinggi.

4.    Dengan Menjaga Jarak Pandang
Jagalah kesehatan mata Anda sebelum terkena penyakit mata minus. Karena jika menonton TV atau bekerja dihapan komputer dengan jarak yang dekat itu sangat berbahaya sekali. Maka dari itu, jaga pandangan Anda ketika menonton TV khususnya. Bisa disebutkan menurut pendapat banyak orang kurang lebih ketika menonton TV harus dengan jarak 50-100cm. lakukanlah hal ini, karena selain mata tetap sehat akan terhindar juga dari penyakit rabun dekat.

5.    Dengan Memakai Pelindung Mata
Pelindung mata ini bisa disebutkan yaitu kaca mata. Maka pakailah kacamata disaat anda berjalan santai, olehraga, berkendara dan sebagainya. Mengapa harus memakai kacamata? Karena kacamata yang bagus dapat melindungi mata dari masuknya kotoran. Mata dari itu, pilihlah kacamata yang bagus untuk melindungi mata Anda dari kotoran ataupun debu.

6.    Dengan Rutin Memeriksa Mata
Jika Anda mengalami keluhan pada mata ataupun tidak, alangkah baiknya juga untuk secara rutin memeriksa mata agar mata tetap terjaga dan sehat. Karena kita tidak tahu mungkin sewaktu-waktu penyakit akan menyerang mata.

7.    Dengan Berhenti Membaca Sambil Tidur
Bagai Anda yang suka membaca sambil tidur, sebaiknya berhentilah dari sekarang karena jika itu tetap dilakukan akan merusak mata Anda. Seilain itu juga, kesehatan mata akan terganggu bahkan nantinya mata anda akan mengalami rabun dekat atau miopi. Maka dari itu, hindarilah membaca buku atau teks apapun dengan posisi tiduran.

8.    Dengan Mengatur Cahaya
Mengatur cahaya yang dimaksudkan dalam kesempatan kali ini yaitu atur cahaya ketika belajar didalm rumah jangan belajar atau membaca pada cahaya yang kurang terang atau redup karena jika hal itu terjadi mata menjadi lelah dan bahkan kesehatan mata Anda akan terganggu.

9.    Dengan Mengedipkan Mata
Maksudnya? Kedipkan mata Anda disaat anda belajar atau bekerja dihadapan komputer dengan kata lain janganlah terlalu focus sehingga membuat mata Anda tidak berkedip. Karena jika hal itu terjadi lambat-laun mata akan terganggu kesehatannya.

10.    Dengan Berhenti Merokok
Perlu diketahui mata bisa rusak karena merokok, nah demi kesehatan mata Anda jika suka merokok, berhentilah untuk merokok karena merokok dapat berdampak buruk pada mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata. Selain itu juga, jika Anda berhenti meroko maka mata Anda akan tetap terjaga kesehatannya.


!!!
Itulan informasi tentang tips menjaga kesehatan mata secara alami dan mudah yang bisa Anda lakukan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Amin…
Sumber: http://ayokesehatan.blogspot.com/2014/01/8-tips-cara-menjaga-kesehatan-mata.html

!!
Jangan lupa juga untuk terus berkunjung ke-blog Berita Sehat Lengkap. Jika memang ada tips yang lebih ampuh dari tips cara diatas ataupun ada kritik dan sarannya, boleh dituliskan dikomentar. Oh iya, jangan lupa dishare juga ketemen-temen anda jika memang artikel ini sangat bermanfaat.

!
Jangan lewatkan artikel terkait sebelumnya berikut ini:
•    Cara Merawat Kesehatan Mata Dengan Mudah
•    Cara Mengobati Mata Minus Secara Alami
•    Cara Cepat dan Alami Mengobati Sakit Mata
•    20 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan
•    Manfaat Buah Papaya Untuk Kesehatan
•    12 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

Sekian dan terimakasih.