Thursday, 2 March 2017

Cara Mengobati Penyakit Sariawan dalam Satu Hari

Cara Mengobati Penyakit Sariawan dalam Satu Hari | Tahukah Anda apa itu penyakit sariawan? Sariawan ini dapat diartikan sebagai inflamasi atau juga peradangan pada mukosa (selaput lendir) pada mulut. Maka dari itu, jika bibir dan juga mulut mengalami luka dan terasa perih maka tidak salah lagi itulah yang namanya penyakit sariawan. Selain itu juga, penyakit sariawan ini sering terdapat pada bagian lidah, bagian dalam pipi, bagian dalam bibir, gusi dan langit-langit mulut.

Tips Mengobati Penyakit Sariawan

Selain hal tersebut di atas, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit sariawan yang harus Anda ketahui. Untuk lebih jelasnya dapat di ketahui di bawah ini.

Penyebab Penyakit Sariawan

Tahukah Anda apa yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit sariawan? Dari sekian banyak orang di Indonesia mungkin telah mengetahui penyebab ini, walaupun demikian admin akan tetap memberi tahu penyebab penyakit sariawan ini karena siapa tahu masih ada yang belum mengetahui penyebab penyakit ini.
Penyebab penyakit sariawan pada umum disebabkan oleh sebagai berikut:
1.  Kurangnya Minum Air Putih
Dehidrasi merupakan suatu penyebab terjadinya sariawan, mengapa hal tersebut terjadi? karena kurangnya asupan air kedalam tubuh. Maka dari itu, perbanyaklah minum air putih agar terhindar dari penyakit sariawan ini.

2.  Kurangnya Tidur
Mulailah untuk memporsir tidur Anda agar tidur maupun istirahat Anda tercukupi agar terhindar dari penyakit sariawan. Solusi terbaiknya yaitu kurangi bergadang dan istirahat yang cukup.

3.  Tergigitnya Bibir, Lidah, dan Bagian dalam Pipi
Berhati-hatilah ketika Anda sedang makan karena jika tidak terkadang bagian dari salah satu mulut Anda akan tergigit dan luka sehingga lambat laun penyakit sariawanpun akan Anda rasakan.

4.  Infeksi pada Mulut
Infeksi pada bagian mulut awalnya disebabkan karena mulut terluka sehingga pada akhirnya akan terkena penyakit sariawan. Maka dari itu, jangan sampai mulut Anda terluka apalagi sampai infeksi.

5.  Terlalu Banyak Makan dan Minum yang Panas-panas
Penyakit sariawan ini disebabkan karena terlalu sering memakan dan meminum yang panas-panas, hal tersebut dikarenakan bagian dari mulut Anda akan teluka dan infeksi. Maka dari itu, hindarilah memakan dan meminum yang masih panas.

6. Terlalu Banyak Memakan Makanan Berminyak
Gorengan khususnya makanan berminyak selain akan mempercepat kegemukan ternyata hal ini juga merupakan hal yang paling cepat akan terjadi sakit sariawan. Maka dari itu, sebaiknya untuk mengurangi memakan makanan yang berminyak.

Cara Mengobati Penyakit Sariawan

Inilah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati penyakit sariawan yaitu sebagai berikut:
1.  Dengan Air Kelapa
Minumlah air kelapa sekurang-kurangnya tiga kali dalam sehari, karena hal itu dapat mengobati sakit sariawan Anda. Selain untuk mengobati, air kelapa ini dapat juga mencegah terjadinya sakit sariawan.

2.  Dengan Daun Semanggi
Tahukah Anda apa itu daun semanggi? Daun semanggi kalau dalam bahasa latinnya yaitu Hydrrocotyle sibthorpioides Lam yang merupakan salah satu tanaman yang kini tengah dibudidayakan karena khasiat dan manfaatnya yang cukup besar bagi kesehatan tubuh manusia.
Maka dari itu, daun semanggi ini mampu bermanfaat untuk mengobati penyakit sariawan. Caranya: sediakan daun semanggi 4 lembar dan cuci hingga bersih. Setelah itu, kunyah mentah-mentah hingga menghasilkan air didalam mulut dan diamkan selama 3-5 menit. Jika sudah, berkumurlah dengan air putih hingga mulut bersih kembali.

3.  Dengan Madu
Madu ini memang dipercaya untuk mengobati berbagai macam penyakit dan juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, selain itu juga madu ini dapat dijadikan solusi untuk mengobati penyakit sariawan. Caranya: Sediakan 3 sendok madu. Setelah itu, minumlah madu tersebut tetapi sebelum di telan tahan dulu selama 3-5 menit. Lakukan hal tersebut 3 kali dalam sehari.

Baca Juga: Manfaat Madu untuk Kesehatan

4.  Dengan Pisang dan Madu
Mengobati penyakit sariawan ini dapat juga dilakukan dengan memnggunakan pisang dan madu. Caranya: sediakan pisang yang sudah matang dan juga madu secukupnya. Setelah itu, haluskan pisang tersebut dan juga campurkan madu secukupnya. Jika sudah, aduk hingga merata lalu oleskan pada luka sariawan.
Selain itu juga, hal ini bermanfaat untuk mencegah peradangan yang di akibatkan oleh penyakit sariawan tersebut.

5.  Dengan Mengkonsumsi Buah-buahan
Anda cukup dengan mengkonsumsi buah-buahan saja untuk menyembuhkan sariawan. Nah, buah-buahan yang harus dikonsumsi saat sariawan ini diantaranya; buah tomat, jeruk dan jugab buah yang lainnya yang kaya akan vitamin C.
Selain menyembuhkan penyakit sariawan buah-buahan tersebut dapat juga bermanfaat  untuk mencegah terjadinya sariawan.

Baca Juga: Manfaat Buah-Buahan untuk Kesehatan Kulit

6.  Dengan Daun Jambu Biji
Daun jambu biji ini dikenal sebagai penyembuh penyakit yang berkaitan dengan masalah perut baik itu sakit maag, sakit perut, dan yang lainnya. Tetapi ternyata daun jambu biji ini bermanfaat juga untuk menyembuhkan penyakit sariawan. Caranya: ambil atau sediakan 2-3 lembar daun jambu biji, lalu cuci dengan air hingga bersih. Jika sudah, kunyah hingga halus didalam mulut hingga 3-5 menit. Setelah itu, berkumurlah dengan air putih bersih.

7.  Dengan Garam dan Soda
Buatlah ramuan dari garam dan soda untuk menyembuhkan sariawan. Cara membuat ramuannya yaitu campurkan garam dan soda secukupnya kedalam gelas dengan ditambahkan sedikit air. Setelah itu, aduk-aduk hingga merata dan jika sudah oleskan pada luka sariawan, diamkan hingga 5-10 menit. Kemudian cuci dengan air putih bersih.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi penyakit sariawan yang dapat dengan mudah Anda lakukan.
Jangan lupa untuk di share kepada sahabat ataupun teman-teman kalian, siapa tahu mereka lagi mencari cara untuk menyembuhkan sariawan.

Salam Sehat!!!

Sekian dan Terimakasih

This Is The Newest Post

2 komentar

Thx utk infonya..bermanfaat sekali.. mampir yuk ke http://elementmtb.com/makan-apa-sih-yang-harus-dikonsumsi-sebelum-bersepeda/

sama-sama...
ok, sekarang saya mampir dulu he.. salam kenal..


EmoticonEmoticon