Friday 13 March 2015

Tips Mencegah Penyakit Stroke dengan Mudah

Tips Mencegah Penyakit Stroke dengan Mudah – Tahukah Anda? Penyakit stroke ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya sekali. Maka dari itu, cegahlah segera penyakit ini karena jika penyakit ini sudah Anda derita itu sangat berbaha sekali, selain itupun penyakit ini dapat mengakibatkan kematian. Nah, seiring dengan itu didalam kesempatan kali ini saya akan share tentang cara mencegah penyakit stroke dengan mudah untuk Anda lakukan agar terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

Tips Mencegah Penyakit Stroke
tips mencegah penyakit stroke
 
Selain hal tersebut diatas, sebenarnya jika sudah mengidap penyakit strok memang banyak juga produk yang ditawarkan untuk penyembuhannya. Namun, alangkah baiknya sebelum melakukan pengobatan yaitu mencegah terlebih dahulu karena mencegah itu lebih enak dan lebih baik juga dari pada mengobati. Banyak orang bilang mencegah itu susah karena terlalu senang dengan keadaan yang sedang sehat padahal harus diperhatikan juga jika terlalu sembarangan baik mengkonsumsi makanan, gaya hidup dan sebagainya karena penyakit datang itu biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak baik. maka dari itu, mulailah dari sekarang untuk membiasakan gaya hidup sehat yang berkualitas.

Definisi Penyakit Stroke

Stroke ini berasal dari bahasa Inggris yaitu stroke, cerebrovascular accident, CVA. Secara umumnya strok merupakan salah satu jenis penyakit diamana suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu terutama dalam jaringan otak dikarenankan  kurangnya aliran darah yang menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak. Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu. Oh iya, Stroke ini merupakan slah satu penyebab kematian yang ketiga di Amerika Serikat dan banyak negara industri di Eropa (http://id.wikipedia.org/wiki/Stroke).
Nah, selain hal tersebut walaupun penyakit ini dapat diselamatkan, namun terkadang penderita penyakit stroke ini akan mengalami kelumpuhan di sebelah anggota badannya, hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan bicaranya.

Gejala penyakit stroke

Setelah diatas mengetahui definisi dari penyakit stroke, sekarang mari kita ketahui dulu gejala dari penyakit strokenya agar Anda antisipasi terhadap penyakit ini, yaitu sebagai berikut:
1.    Terasa Pusing
Ketika Anda mengalami rasa pusing yang mendadak dan sakit kepala tanpa adanya sebab yang jelas itu dapat juga diponis sebagai gejala awal dari penyakit stroke. Hal tersebut jua diiringi dengan rasa mual dan muntah-muntah dan di ikuti dengan panas dan juga dapat mengalami pingsan mendadak dan kehilangan kesadaran. Cepatlah tanggap terhadap gejala ini ok, agar Anda dapat terhindar oleh penyakit ini.

2.    Mati Rasa
Gejala yang dialami ketika akan mengidap penyakit stroke diataranya yaitu mati rasa, nah mati rasa ini seperti rasa kebal atau mati mandadak atau kehilangan rasa dan lemas pada tangan, kaki, muka terutama pada satu bagian tubuh saja. Berhati-hatilah ketika Anda mengalami gejala yang seperti ini karena gejala ini biasanya paling identik untuk terjadinya penyakit stroke.

3.    Hilangnya Keseimbangan
Perlu diketahui hilang kesemimbangan ini bukanlah hilang keseimbangan biasa, tetapi hilangnya keseimbangan secara mendadak dan keseringan. Selain itu juga, akan mengalmi sulit ketika berjalan dan terhuyung.

4.    Rasa Bingung
Rasa bingung ini bukanlah ras bingung biasa, tetapi rasa bingung ini terjadi secara mendadak sehingga akhirnya akan mengakibatkan sulitnya bicara dan sulitnya untuk mengerti suatu hal. Tapi perlu diketahui hal ini tidak mencakup kurang tanggap lodding dalam menangkap informasi.

5.    Pandangan Kabur
Gejala stoke juga bisa juga disebabkan oleh pandangan mata yang kabur baik itu salah satu ataupun keduanya. Maka Andapun perlu berhati-hati ketika mengalami hal tersebut karena jika tidak penyakit stroke akan Anda punya.
“Nah, itulah gejala yang dapat mengakibatkan terjadinya penyakit stroke yang harus Anda ketahu.” Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang  saatnya kita ketahui cara mencegah penyakit stroke dengan mudah yang harus Anda lakukan agar terhindar dari penyakit stroke ini.

Tips Mencegah Penyakit Stroke

Ingat!!! Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Nah, tanpa basa-basi lagi saatnya diketahui tips untuk mencegah penyakit stroke agar Anda terhindar dari penyakit yang mematikan ini, yaitu sebagai berikut:
1.    Dengan Berolahraga
Alangkah senangnya yang suka berolahraga. Mengapa demikian? Karena dengan berolahraga yang rutin setiap minggunya hal itu dapat mencegah terjadinya penyakit stroke. Oh iya, peru diketahui riset menunjukan bagi mereka yang suka berolahraga diusia 25-40 tahun dapat mengurangi resiko penyakit stroke sekitar 57%. Sedangkan jiaka mulai berolahraganya dari usia 40-55 tahun kesempatan terhindar dari penyitk stroknya yaitu 37%. Nah, maka dari itu cegahlah penyakit stoke dari sekarang dengan melakukan olahraga secara rutin disetiap harinya ok.

2.    Dengan Mengkonsumsi Sayur dan Buah-Buahan
Perlu diketahui bahwa dengan banyaknya mengkonsumsi sayur dan buah-buahan ini menrupakan salah satu cara untuk melakukan pencegahan terhadap terjadinya penyakit stroke. Mengapa demikian? Karena sayur dan buah-buahan ini merupakan sumber beta-karoten yang dapat mencegah resiko besar penyakit stroke. Maka mulailah untuk mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan secara rutin disetiap harinya.

3.    Dengan Mengkonsumsi Potasium
Ternyata dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan potassium ini dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit stroke sekitar 40%. Makanan yang kaya akan ptoasium ini diantaranya alpukat, pisang, tomat, kedelai, dan salmon. Nah, komsumsilah dari sekarang makan yang kaya potassium tersebut agar Anda terhindar dari penyakit stroke.

4.    Dengan Memeriksa Tekanan Darah
Periksalah tekanan darah Anda secara rutin. Mengapa harus dilakukan? Karena hal tersebut merupakan salah satu pencegahnan dari terjadinya penyakit stroke dan juga riset menunjukan bahwa jika dengan rajin mengontrol tekana darah itu mengurangi 40% terjadinya resiko stroke. Saya penah membaca menurut Prof Adams bahwa mengontro tekanan darah tinggi secara rutin itu hal yang paling vital untuk melakukan pencegahan penyakit troke.

5.    Dengan Berhenti Meroko
Jika yang suka meroko, sebaiknya Anda hentikan meroko secara bertahp karena merokok ini salah satu cara untuk mencegah penyakit storke. Menurut penelitian bahwa dengan berhenti merokok dan tidak merokok itu mengurangi resiko terjadinya penyakit stroke samapi 33%. Sekali lagi cegah stroke dengan berhenti meroko jika sudah terlanjur suka meroko dan jangan merokok kembali.

6.    Dengan Mengurangi Lemak
Hal ini perlu diketahui oleh Anda, bahwa apapun yang baik untuk jantung, maka baik pula untuk otak. Jadi, dengan mengontrol kadar kolestro dapat menghambat aterosklerosisi dan stroke. Nah, kurangi makanan yang mengandung banyak lemaka. Kalaupun Anda mau makan yang ada lemaknya bisa ANda batasi yaitu 25% saja karena itu merupakan kebutuhan kalori dalam tubuh.

7.    Dengan Menghindari Alkohol
Janganlah Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak alcohol. Mengapa? Karena alcohol merupakan salah satu penyebab yang dapat mengakibatkan terjadinya penyakiot stroke. Jadi, hindari minuman maupun makan yang mengandung alcohol karena itu salah satu tips juga untuk Anda agar tercegah dari terjadinya penyakit stroke.


!!!
itulah informasi tentang beberapa tips mencegah penyakit stroke dengan mudah yang harus Anda lakukan agar terhindara dari penyakit stroke yang mematikan ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semuanya. Amin…
Sumber: http://inti-kesehatan.blogspot.com/2013/07/10-cara-mencegah-serangan-stroke.html

!!
Jangan lupa juga untuk terus berkunjung ke-blog Berita Sehat Lengkap. Jika memang ada tips yang lebih ampuh dari tips cara diatas ataupun ada kritik dan sarannya, boleh dituliskan dikomentar. Oh iya, jangan lupa dishare juga ketemen-temen anda jika memang artikel ini sangat bermanfaat.

!
Jangan lewatkan artikel terkait sebelumnya berikut ini:
•    Cara Mengobati Darah Tinggi Secara Alami dan Ampuh
•    Cara Mengobati Penyakit Asma Secara Tradisional
•    Cara Ampuh Mengobati Diabetes
•    Gejala Kanker Otak dan Cara Mencegahnya
•    Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mencegahannya
•    Cara Mencegah Kanker Serviks Dengan Mudah

Sekian dan terimakasih.