Thursday 11 September 2014

Cara Merawat Rambut Kering dan Berkembang

Cara Merawat Rambut Kering dan Berkembang - Rambut kering dan berkmabang ini merupakan suatu masalah bagi setiap orang terutama bagi orang yang menginkan rambutnya indah dan berkilau. Namun, anda tidak perlu takut diartikel ini saya akan memaparkan cara untuk mengatasi rambut kering dan berkembang, tetapi sebelumnya mari kita ketahui dulu definisis dari rambut dan penyebab rambut menjadi kering.

tips cara merawat rambut kering dan berkembang
cara merawat rambut kering dan berkembang

Apa Itu Rambut ?

Rambut adalah mahkotanya bagi setiap orang. Karena rambut terletak di bagian atas kepala dan menghiasi kepala kita. Yang namanya mahkota, tentu saja harus dijaga dengan baik dan indah. Karena Jika rambut kusam dan kering , itu bisa merusak penampilan dan tidak indah dilihatnya.

Apa Penyebab Rambut Menjadi Kering ?

Sudah tidak dipungkiri lagi dimana ada akibat disitu pasti ada sebabanya. Sama juga yang mengakibatkan rambut kering ini desbabkan oleh sebagai berikut :

1.    Sering Terkena Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang terlalu sering apalagi samapai lama secara langsung ini aka mengakibatkan rambut menjadi kering.

2.    Kualitas Air

Air yang digunakan untuk keramas harus anda perhatikan karena jika air tersebut mengandung bahan kimia itu akan mengakibatka kekeringan pada rambut yang akhirnya rambut menjadi kusam dan rusak.

3.    Sering Keramas

Terlau sering keramas ini dapat mengakibatkan rambut kering dan juga dapat menimbulkan masalah yang lebih parah lagi. Nah, jika rambut anda sering berminya ketika tidak keramas, saya sarankan untuk focus dalam memberikan sampo pada kulit kepala dan cucilah bagian akarnya saja.

4.    Terlalu Sering Mewarnai Rambut

Bahan kimia yang ada didalam cat rambut ini sangat mebahayakan rambut sehingga lambat laun rambut akan menjadi rusak dan kering. Maka dengan itu, jika ingin mewarnai rambut harus benar-benar konsultasi pada ahlinya. Untuk menghindari resiko kerusakan alangkah lebih baiknya tidak melakukan pngecatan pada rambut.
Nah, itulah penyababnya rambut anda menjadi kering. Perlu anda ketahui juga bahwa rambut kering adalah rambut yang rusak dan tentunya anda harus melakukan perawatan. Disini saya akan menjelaskan cara merawat rambut kering dan berkembang agar rambut yang indah dapat segera anda miliki. ini lah caranya dari Berita Sehat Lengkap dibawah ini.

Cara Merawat Rambut Kering dan Berkembang

Berikut ini cara untuk merawat rambut kering dan berkembang yang bisa anda gunakan sewaktu-waktu yaitu :

1.    Dengan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya ini memang sudah tidak asing lagi apalagi untuk perawatan rambut. Karena gel dari lidah buaya ini dapat berfungsi untuk menjadikan rambut lebih indah, lembut dan halus. Caranya: sediakan lidah buaya secukupnya, belah dan ambil gelnya. Setelah itu, oleskan gel lidah buaya tersebut ke rambut hingga merata, diamkan hingga 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secra rutin yaitu dua kali saja dalam sehari.

2.    Dengan Mengunakan Konisioner

Rawatlah rambut dengan menggunakan shampoo kondisioner setelah keramas. Caranya: keramaslah terlebih dahulu dengan menggunakan shampoo, lalu bilas dengan air hingga bersih. Setelah itu, bilaskan shampoo kondisioner tehardap rambut hingga merata, diamakan hingga 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Pastikan ketika keramas tidak ada kondisioner ataupun shampo tidak ada yang tersisa dirambut. Lakukan cara ini secara rutin yaitu dua kali dalam seminggu.

3.    Dengan Cuka Apel

Cuka apel ini memang bagus untuk merawat rambut yang rusak agar rambut menjadi lebih halus. Caranya: sediakan ½ cangkir cuka apel, dua gelas air putih dan ½ sendok makan minyak gandum. Campurkan semua bahan tersebut kedalam suatu wadah, aduk-aduk hingga merata. Setelah itu, keramaslah terlebih dahulu, lalu bilaskan campuran cuka apel tersebut kerambut ketika rambut masih dalam keadaan basah, diamkan hingga 10-15 menit, kemudian keramaslah hingga bersih tanpa harus menggunakan shampoo. Oh iya, jika rambut menimbulkan aroma yang menyengat, gunakan saja kondisioner yang sering anda gunakan. Lakukan cara ini dua kali dalam sehari agar hasilnya lebih maksimal dan rambut yang indah dapat segera anda miliki.

4.    Dengan Mayones

Mayones ini mengandung asam lemak yang berfungsi untuk mengatasi rambut kering ataupun rusak sehingga rambut menjadi lebih lembut dan juga dapat meningkatkan minyak alami terhadap rambut. Caranya: keramaslah terlebih dahulu dan biarkan hingga kering. Setelah itu, oleskan mayones kerambut hingga merata, lalu bungkus rambut dengan shower cup atau handuk panas, diamkan hingga 15-20 menit, kemudian bilas dengan shampoo bayi atau herbal dan keramaslah hingga rambut anda bersih. Lakukan saja cara ini dua kali dalam sehari.

5.    Dengan Minyak Alami

Minyak alami ini memang baik untuk perawatan rambut. Perlu anda ketahui minyak alami disini diantaranya ; minyak kelapa, minyak bunga matahari, atau minyak almond. Nah, minyak alami tersebut dapat berfungsi untuk melembutkan rambut dan juga menghaluskan rambut. Caranya: sediakan minyak alami secukupnya, lalu aplikasikan kerambut setelah keramas hingga merata, bungkus dengan handuk hangat, diamkan hingga 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin maksimalnya dua kali dalam sehari.

6.    Dengan Minyak Zaitun

Gunakan minyak zaitun untuk perawat rambut agar rambut dapat terlihat indah dan halus. Caranya: sediakan minya zaitu secukupnya, lalu hangatkan minyak zaitun tersebut. Setelah itu, basahi rambut terlebih dahulu, lalu aplikasikan minyak zaitu yang sudah hangat terhadap rambut hingga merata, diamkan 5-10 menit, kemudian bilas dengan air hingga merata. Lakukan cara ini satu kali saja dalam seminggu.

7.    Dengan Membersihkan Rambut

Bersihkan rambut setiap dua kali dalam sehari dengan menggunakan shampo yang mengandung vitamin E. Mengapa harus vitamin E? karena vitamin E ini dapat dengan segera memperbaiki rambut yang rusak.

8.    Dengan Vitamin B

Bagi yang rambutnya ingin kuat dan tidak rusak lagi, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B kompleks karena vitamin B kompleks ini dapat menguatkan rambut dan rambut tetap terjaga dari kerusakan. Vitamin B kompleks ini bisa anda dapatkan dimakanan speri telur, kacang-kacangan dan pisang. Lakukan secara rutin setiap harinya.

9.    Hindari Pengering Rambut

Bagi yang suka mengeringkan rambut dengan penegring rambut untuk saat ini agar anda mulai untuk menghindarinya. Karena pengering rambut ini dapat menjadikan rambut menjadi stress dan rambut berujung dengan kerusakan. Keringkanlah rambut anda secara alami atau bisa dikeringkan dengan menggunakan kipas dan juga diangin-angin.

10.    Memotong Rambut

Potonglah rambut anda secara regular dan teratur. Mengapa demikian? Karena cara itulah yang paling efektif untuk mengatasi rambut yang bercabang.

11.    Jangan Menggosok Rambut

Saya sarankan setealah anda kermas jangan menggosok rambut karena hal tersebut akan menjdaikan rambut anda rusak. Tetapi anda bisa meremasnya dengan handuk ketika selesai keramas karena cara inilah yang baik untuk rambut agar rambut tetap bagus.

12.    Menyisir Rambut

Ketika anda menyisir rambut, lakukan sisir rambut yang bergigi lebar karena hal tersebut dapat menghindarkan rambut dari kekusutan. Jangan menyisir rambut secara berulang-ulang cukup saja menyisir hingga rambut anda tidak kusut.

!!!
Nah, itulah beberapa tips cara merawat rambut kering dan berkembang yang bisa anda gunakan. Semoga tips cara diatas dapat bermanfaat. Aminnn…
Jangan lewatkan artikel menarik berikut ini : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat dan Alami
Oh iya, jika mempunyai tips cara yang paling ampuh selain cara diatas bisa dituliskan dikomentar.
Sumber :
http://fatih-io.biz/faktor-penyebab-rambut-rusak-dan-kering.html
http://anekacara-tips.blogspot.com/2013/10/cara-merawat-rambut-kering-dan.html

Sekian dan terimakasih