Tuesday 16 June 2015

Tips Sehat Berpuasa di Hari Pertama Agar Tidak Mudah Lelah

Tips Sehat Berpuasa di Hari Pertama Agar Tidak Mudah Lelah – “Marhaban Ya Ramadhan”. Puasa tinggal menghitung hari lagi. Periapan apa yang sudah Anda siapkan? Tentunya niat untuk berpuasa, nah mungkin itu jawaban yang tepat sekali. Namun, selain itu Anda juga harus memperiapkan puasa di hari pertama agar tidak mudah lelah karena banyak orang bilang puasa di hari pertama ini terkadang suka gampang lelah. Maka dari itu, agar Anda tetap kuat didalam menjalankan puasa ini saya akan share didalam artikel kali ini yaitu tips sehat berpuasa di hari pertama agar tidak mudah lelah.
 Tips Sehat Berpuasa di Hari Pertama
tips sehat berpuasa di hari pertama

Semua orang yang berpuasa dibulan ramadhan ini pasti akan merasakan lapar dan haus sehingga dampaknya akan menjadikan tubuh lemas. Maka dari itu, di hari pertama berpuasa harus dipersiapkan agar puasa seharian penuh tetap kuat. Tanpa basa basi lagi inilah tips sehat berpuasa di hari pertama agar tidak mudah lelah yang bias Anda lakukan.

Tips Sehat Berpuasa di Hari Pertama Agar Tidak Mudah Lelah

Puasa di hari pertama terkadang dapat melelahkan bagi semua orang. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan hal berikut ini:
1.    Dengan Niat yang Kuat untuk Berpuasa
Niat yang kuat didalam diri Anda untuk berpuasa di hari pertama ini akan menjadi modal penting untuk mengawali puasa Anda agar tetap kuat dan tidak mudah lelah. Karena puasa ini merupakan perintah dari Allah SWT. dan hukumnya wajib. Maka dari itu, kuatkanlah niat Anda untuk ikhlas didalam menlaksanakan puasa, bukan ikut-ikutan pada orang lain saja. Nah, jika puasa Anda ingin kuat dan tidak akan mudah lelah kuatkan lah niat Anda untuk berpuasa ok.

2.    Dengan Mengkonsumsi Makanan Bergizi Saat Sahur
Makan yang bergizi yang dikonsumsi saat sahur akan menjadikan tubuh tetap sehat, kuat didalam melaksanakan puasa dihari petama Anda dan selanjutnya. Maka dari itu, konsumsilah makanan, minuman, buah-buahan, sayuran sehat agar puasa Anda tetap sehat dan kuat.

3.    Dengan Meminum 4 Gelas Air Putih Saat Sahur
Minumlah 4 gelas air putih saat sahur atau dapat diminum menjelang imsak. Karena dengan air putih tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tetap kuat dan tidak mudah lemas. Selain itu, bias Anda lakukan dengan meminum 6 gelas air putih namun hal ini dibagikan yaitu 4 dimalam hari saat mau tidu dan 2 disaat sahur atau menjelang imsak. Lakukanlah hal tersebut maka puasa Anda akan tetap kuat selama seharian.

4.    Dengan Makan Sahur Secukupnya
Bagi umat muslim yang berpuasa, biasakanlah makan sahur secukupnya jangan berlebihan dan jangan terlalu kenyang. Mengapa demikian? Karena makan terlalu kenyang ini akan mengakibatkan menyebabkan aliran darah akan menunumpuk pada bagian perut sedangkan aliran darah ke otak menjadi berkurang. Nah ini nih yang bisa mengakibatkan rasa ngantuk di pagi hari, badan lesu/lemas dan daya tahan tubuh berkurang. Maka sekali lagi, makanlah saat sahur secukupnya jangan beranggapan dengan sahur banyak maka akan kenyang sampai berbuka. Nah, itu merupakan prinsif yang salah yang harus dihilangkan dari pikiran Anda. Makan sahur secukupnya akan menjaga tubuh tetap kuat dan tidak mudah lelah.

5.    Dengan Memilih Makan yang Kaya Protein
Pilihlah makanan yang kaya akan protein disaat sahur Anda. Mengapa harus demikian? Karena dengan memakan makanan yang kaya protein itu akan meningkatkan metabolisme tubuh. Karena metabolisme ini merupakan suatu proses yang terjadi didalam tubuh yang mengubah makanan menjadi energy. Maka dari itu, dengan memakan makanan yang kaya akan protein dapat menjadikan tubuh Anda tetap kuat dan tidak mudah lelah.

6.    Dengan Mengkonsumsi Minuman dan Makanan yang Manis
Tubuh yang mudah lemas ini biasa disebabkan oleh kurangnya kadar gula dalam tubuh. Maka dari itu, konsumsilah minuman dan makanan yang manis atau yang mengandung gula. Contohnya: kurma, madu, makan manis yang terbuat dari gula alami, dan sebagainya. Namun, saya sarankan jangan mengkonsumsi minuman atau makan yang menggunakan pemanis buatan. Karena hal tersebut mengandung kolestrol dan dapat menjadikan perut bencit atau tubuh menjadi gemuk.

7.    Dengan Melakukan Aktivitas Ringan
Lakukanlah aktivitas ringan ketika menjalani puasa Anda. Jangan menunggu dan menunggu untuk berpuka puasa, seperti dengan terus menerus melihat jam karena hal itu akan menjadi puasa menjadi terasa lama dan akhirnya akan membuat rasa lapar timbul sehingga tubuh pun melemah. Maka dari itu, beraktivitaslah dengan ringan didalam menjalani puasa Anda.

8.    Dengan Melaksanakan Tadarus Al-Qur’an
Sebagai umat muslim yang berpuasa bertadarus al-qur’an merupakan sunnah dan menjadi penambah pahal bagi orang yang melaksanakannya. Selain itu, dengan melaksanakan tadarus al-qur’an akan menghilangkan rasa lemas Anda dan puasa pun akan menjadi terasa lama jika diikuti dengan kegiatan-kegiatan yang positive seperti tadarus al-qur’an ini.

9.    Dengan Mandi Secara Rutin
Mandilah 3 kali dalam sehari yaitu pagi, siang (saat dzuhur), sore (saat ashar). Nah, dengan melakukan mandi sesuai dengan aturan diatas maka tubuh anda akan tetap bugar, sehat, dan tidak mudah lemas ketika melaksanankan puasa seharian penuh.


!!!
Itulah info terbaru dari beberapa tips sehat berpuasa di hari pertama agar tidak mudah lelah yang bias dengan mudah Anda lakukan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Amin.
Sumber: http://shantycr7.blogspot.com/2013/07/tips-puasa-di-hari-pertama-agar-kuat.html

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa


!!
Jangan lupa untuk terus berkunjung dan mengikuti update terbarunya dari blog Berita Sehat Lengkap ini. Oh iya, jika Anda memiliki tips-tips yang lebih ampuh dari tips di atas, boleh dituliskan dikomentar. Selain itu juga, mohon dishare ketemen-temen Anda jika memang artikel ini sangatlah bermanfaat. Terimakasih.

“Jangan Bilang PHP Jika Belum Merasakan Manfaat dan Khasiatnya”


!
Jangan lewatkan artikel terkait dan sebelumnya, yaitu sebagai berikut:
•    Manfaat Susu Untuk Kecantikan Tubuh
•    Manfaat Susu Untuk Kesehatan Tubuh
•    Tips Hidup Sehat yang Berkualitas dan Sederhana
•    Tips Menjaga Kesehatan Pria Dengan Mudah
•    Tips Diet Tanpa Menggunakan Obat Dengan Cepat

Sekian dan Terimakasih