Wednesday 17 June 2015

Menu Sehat Untuk Sahur dan Buka Puasa

Menu Sehat Untuk Sahur dan Buka Puasa – “Marhaban Ya Ramadhan”. Puasa di hari pertama ini di awali dengan sahur. Nah, sudahkah Anda mempersiapkan menu sehat untuk sahur? Jika belum segeralah persiapkan menu sehat tersebut agar ketika melaksanakan puasa seharian penuh tetap bugar dan tidak mudah lemas. Selain mempersiapkan menu sehat untuk sahur, Anda juga harus mempersiapkannya untuk berbuka puasa. Maka dari itu, didalam kesempatan kali ini berdasarkan referensi yang telah saya baca akan share pada sahabat semua tentang menu sehat untuk sahur dan buka puasa.

Menu Sehat Untuk Sahur dan Buka Puasa
menu sehat untuk sahur dan berbuka

Sahur dengan menu yang sehat yaitu ditandai dengan jenis makanan yang mengandung gizi, protein dan vitamin. Nah, konsumsilah jenis makanan itu disaat sahur agar puasa seharian penuh tubuh tetap bugar dan tidak mudah lemas. Seiringing dengan itu, ketika menunaikan puasa seharian penuh, buka puasa yang di hari itu sangatlah ditunggu dan jika sudah waktunya bahagiapun tampak. Maka agar lebih lengkap, sediakanlah menu untuk berbuka puasa dengan menu yang sehat dan makanan yang penih gizi, protein dan vitamin.

Pengertian Sahur dan Buka Puasa

Sahur merupakan suatu istilah dalam Islam yang merujuk kepada aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa pada bulan ramadhan. Buka puasa merupakan suatu keadaan dimana mulai melaksanankan minum dan makan di sore hari atau sudah waktunya berbuka setelah seharian penuh melaksanakan puasa.
Setelah diketahui hal tersebut di atas, sekarang saatnya diketahui lebih jelas dan lengkapnya dari menu sehat untuk sahur dan berbuka puasa yang bias Anda lakukan.

Menu Sehat Untuk Sahur dan Buka Puasa

Merujuk pada penjelasan di atas, bahwa sahur dan berbuka ini diperlukan menu-menu yang sehat untuk dikonsumsi ataupun untuk dilakukan. Apa saja menu sehat tersebut? Inilah menu sehat untuk sahur dan buka puasa, yaitu sebagai berikut:

1.    Menu Sehat Saat Sahur

Sahur yang sehat, maka akan menjadikan puasa Anda lebih kuat dan tidak mudah lelah. Nah, inilah menu yang sehat saat sahur.
1)    Dengan Mengkonsumsi Ayam Goreng
Ayam goring merupakan menu yang peraktis untuk sahur terutama sahur dihari pertama. Karena selain akan menambahkan energy, hal tersebut juga akan membangkitkan nafsu makan pada sahur di hari pertama karena banyak orang bilang sahur di hari pertama suka susah dan nafsu makannya berkurang. Itu semua karena mungkin belum terbiasa. Nah, seiring dengan itu ayam goring ini memiliki kandungan yang berkhasiat menjadikan tubuh lebih bugar, kuat, sehat, dan tidak mudah lemas ketika melaksanakan puasa seharian penuh.

2)    Dengan Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat
Sahur yang sehat salah satunya yang harus Anda lakukan yaitu mengkonsumsi jenis makanan yang kaya akan karbohodrat serta protein. Protein ini terutama protein nabati dan hewani. Nah, hal itu semua bias Anda dapatkan pada daging dan ikan. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang kaya akan karbohidrat dan protein ini pada saat sahur.

3)    Dengan Mengkonsumsi Makanan Baru
Maksudnya makanan baru ini yaitu dengan mengkonsumsi jenis makanan yang bukan bekas saat berbuka puasa, dengan kata lain disaat sahur makanlah makanan yang baru dimasak bukan memakan makanan yang sisa pada saat berbuka puasa. Maka dari itu, ketika berbuka masaklah secukupnya agar tidak ada sisa yang terbuang pada saat sahur. Sekali lagi, sahur yang sehat yaitu sahur yang mengkonsumsi masakan baru bukan mengkonsumsi makanan sisa.

4)    Dengan Menghindari Makanan yang Berlemak
Ketika Anda sahur! Maka janganlah mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak lemak karena hal tersebut akan berat dicerna oleh tubuh. Dengan demikian, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan sehingga akhirnya tubuh akan mengalami dehidrasi. Selain itu, tubuh juga akan terasa lemas dan cepat lelah.

5)    Dengan Minum Air Putih
Ketika saat sahur! Sebagai pelengkap setelah makan, minumlah air putih sebanyak 4 gelas. Hal itu bias dilakukan ketika akan menjelang waktu imsak. Nah, dengan banyaknya air putih yang diminum maka akan terhindar dari yang namanya dehidrasi dan selain itu, air putih juga sebagai penambah energy disaat melaksanakan puasa seharian penuh.

6)    Dengan Mengkonsumsi Buah-Buahan
Buah-buahan ini merupakan pelengkap sahur Anda. hal ini bias dilakukan setelah makan, tapi makanlah buah-buahan segar secukupnya dan jangan berlebihan. Buah-buahan juga merupakan sebagai penambah energy pada saat akan melaksanakan ibadah puasa. Oh iya, buah yang bias Anda konsumsi diantaranya apel, jeruk, pisang, dan juga jenis buah-buahan sehat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

2.    Menu Sehat Saat Buka Puasa

Setelah sahur, yang ditunggu pada hari tersebut yaitu buka puasa. Nah, sediakanlah menu sehat untuk berbuka puasa. Ingat! Berbuka puasalah secukupnya. Inilah menu sehat yang bias dilakukan saat berbuka puasa.
1)    Dengan Minum Air Putih
Ketika buka puasa tiba minumlah terlebih dahulu segelas air putih sebagai awal buka puasa Anda.  Namun, berdoa terlebih dahulu agar lebih hikmat dan berkah. Mengapa harus air yang petama dikonsumsi saat bebuka? Karena tubuh ini sangat memerlukan banyak air setelah seharian tanpa air yang masuk ketubuh Anda.

2)    Dengan Mengkonsumsi Buah Kurma
Kurma memang baik sekali dikonsumsi saat berbuka karena selain sunnah nabi, kurma juga mengandung vitamin A, zat besi, mineral dan yang lainnya yang merupakan sebagai sumber energy instan yang baik untuk tubuh. Jadi, konsumsilah kurma disaat berbuka puasa sebelum makan.

3)    Dengan Mengkonsumsi Makanan yang Berprotein
Makan saat berbuka puasa hendaknya dilakukan setelah shalat magrib atau tarawih. Namun, makan juga bias Anda lakukan sebelum tarawih tetapi makanlah secukupnya. Nah, makanan yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa salah satunya yaitu makanan yang mengandung protein. Jenis makanan ini diantaranya; daging ayam dan ikan. Saya sarankan, konsumsilah jenis makan tersebut hasil dari dibakar, direbus ataupun dibuat sup ayam atau ikan. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kadar lemak yang terkandung didalamnya.


!!!
Itulah info terbaru dari menu sehat untuk sahur dan buka puasa yang dapat dengan mudah Anda lakukan. Semoga artikel ini dapat bermafaat. Amin.
Sumber: http://kabarimbo.com/7-tips-cara-memilih-menu-makan-sahur-yang-baik/

"Selamat Menunaikan Ibadah Puasa"


!!
Jangan lupa untuk terus berkunjung dan mengikuti update terbarunya dari blog Berita Sehat Lengkap ini. Oh iya, jika Anda memiliki tips-tips yang lebih ampuh dari tips di atas, boleh dituliskan dikomentar. Selain itu juga, mohon dishare ketemen-temen Anda jika memang artikel ini sangatlah bermanfaat. Terimakasih.

!
Jangan lewatkan artikel terkait dan sebelumnya, yaitu sebagai berikut:
•    Tips Sehat Berpuasa di Hari Pertama Agar Tidak Mudah Lelah
•    Tips Hidup Sehat yang Berkualitas dan Sederhana
•    Jenis Makanan Sehat untuk Awet Muda
•    Menu Diet Sehat yang Terbukti Ampuh
•    Manfaat Susu Untuk Kecantikan Tubuh

Sekian dan Terimakasih