Thursday 18 June 2015

Cara Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Cara Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan – “Marhaban Ya Ramdhan”. Hari ini kita sudah mulai puasa. Sudahkah Anda mengetahui cara menjaga kesehatan saat berpuasa? Jika belum, didalam kesempatan kali ini saya akan membagikan tips menjaga kesehatan saat berpuasa. Mengapa di bulan puasa ini kita perlu menjaga kesehatan? Karena jika tidak tubuh akan mudah lemas dan bahkan tidak kuat untuk berpuasa.

Cara Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa
cara menjaga kesehatan saat berpuasa

Berbicara tentang puasa, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan puasa? Nah, untuk menambah pengetahuan alangkah baiknya kita ketahui dulu sebelumnya pengertian puasa.

Apa Itu Puasa?

Menurut syariah islam yang telah disepakati oleh para ulama puasa merupakan menahan dari apa pun yang membatalkan puasa, disertai niat berpuasa dari terbit fajar sampai tenggelam matahari (maghrib). Nah, jika ditinjau dari kaidah bahasa puasa ini bias diartikan sebagai menahan. Menahan disini merupakan menahan dari hal-hal yang masuk kedalam mulut dalam bentuk minuman dan makanan, selai itu juga kita harus menahan hawa nafsu kita disaat berpuasa selama seharian penuh.
Nah, itulah yang dimaksud dari puasa semoga dapat dijadikan pengetahuan tambahan bagi Anda. Sekarang saatnya diketahui cara menjaga kesehatan saat berpuasa di bulan ramdhan yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Cara Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

Menjaga kesehatan ketika berpuasa di bulan ramadhan ini sangatlah diperlukan. Mengapa demikian? Agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah lelah ketika melaksanakan puasa seharian penuh. Apa saja hal-hal yang harus dialkukan untuk menjaga kesehatan tersebut? Inilah tips menjaga kesehatan saat berpuasa, yaitu sebagai berikut:
1.    Dengan Melaksanakan Sahur
Jika puasa Anda ingin kuat sehat dan berkah! Lakukanlah sahur dengan tetap waktu dan jangan menunda-nunda sahur. Perlu diketahui juga janganlah Anda meninggalkan sahur ketika akan melaksanakan puasa karena bagi orang yang melaksanakan sahur, maka dia akan mendapatkan keberkahan. Perlu diketahui juga, kata rosul bersahurlah kalian walaupun dengan segelas air.

2.    Dengan Mengkonsumsi Makanan Sehat
Ketika Anda akan melaksanakan puasa! Yang perlu diperhatikan juga saat sahur yaitu mempersiapkan makanan sehat yang penuh dengan gizi. Mengapa demikian? Agar ketika menjalankan puasa tubuh tetap kuat dan tidak mudah lemas dan juga tubuh tetap berada didalam keadaan bugar dan sehat. Oh iya, untuk lebih lengkapanya bias Anda ketahui pada menu makanan sehat untuk sahur dan buka puasa.

3.    Dengan Mengkonsumsi Kurma
Nah, untuk menjaga kesehatan Anda di saat berpuasa di bulan ramadhan ini yaitu konsumsi kurma saat sahur dan berbuka. Mengapa demikian? Karena kurma ini kaya akan kandungan yang dapat menetralisir racun-racun dalam tubuh dan juga dapat menambah energy agar tidak mudah lemas ketika melaksanakan puasa. Oh iya, saya pernah mendengarnya makanlah kurma ini 7 biji saat sahur dan 3 biji saat berbuka puasa.

4.    Dengan Meminum Air Putih
Air putih ini memang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, tubuh didalam sehari itu membutuhkan 8 gelas air. Bagaimana caranya untuk mengatur meminum air dalam sehari 8 gelas? Nah, anda bias membagikannya yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari (ketika akan tidur), dan 2 gelas saat sahur (ketika akan menjelang imsak). Oh iya, dengan banyaknya air dalam tubuh, maka Anda akan terhindar dari yang namanya dehidrasi. Sehingga tubuh tetap dalam keadaan sehat dan bugar dalam menjalankan puasa.

5.    Dengan Berolahraga
Dengan berpuasa bukan berarti Anda harus berhenti berolahraga. Tetapi olahraga itu memang harus dilakukan agar tubuh tetap bugar dan sehat. Namun, pilihlah olahraga yang ringan seperti jogging santai, peregangan, jalan-jalan santai ketika di pagi hari dan yang lainnya. Selain itu juga, dengan berolahraga maka aliran darah dalam tubuh akan lancar dan tubuh tidak akan mudah lelah ketika melaksanakan puasa.

6.    Dengan Tidur Tepat Waktu dan Secukupnya
Untuk menjaga kesehatan tubuh Anda! Jika mengantuk ketika melaksanakan puasa, tidurlah dengan tepat pada waktunya. Misalnya dengan tidur siang, nah usahakan tidur siang ini dilakukan pada jam 13.00 –14.00. Jika tidur tepat waktu dan tidur dengan secukupnya maka energy dalam tubuh akan meningkat kembali, dan ingat jangan melakukan tidur terlalu lama karena itu akan menjadikan tubuh lemas dan kehilangan banyak energy.

7.    Dengan Menyegerakan Berbuka Puasa
Ketika sudah waktunya berbuka puasa, maka segeralah untuk berbuka dan berbukalah secukupnya. Kata Rosullullah SAW. dianjurkan untuk segera berbuka puasa dengan segelas air putih dan beberapa biji kurma. Perlu diketahui dengan mengkonsumsi kurma saat berbuka maka hal tersebut akan memulihkan kadar gula dengan cepat. Oh iya, jangan makan terlalu banyak (berlebihan) karena selain menganggu kesehatan, hal tersebut juga dapat menimbulkan rasa ngantuk yang berat saat akan melaksanakan tarawih. Maka, makanlah secukupnya disaat berbuka puasa.

8.    Dengan Menghindari Tidur Setelah Sahur
Untuk menjaga kesehatan saat berpuasa, yang haru Anda lakukan diantarnya yaitu menghindari tidur setelah sahur. Mengapa demikian? Karena dengan tidur setelah sahur dapat mengganggu proses sistem metabolisme tubuh anda. Sesaat setelah makan, makanan disimpan di dalam lambung dan ketika anda langsung tidur, makanan itu akan berbalik keatas lagi. Dan bila ini terjadi, makanan yang baru tiba di lambung akan berbalik kearah kerongkongan dan tentu saja akan ada asam lambung yang terbawa makanan itu sehingga tenggorokan terasa kering, panas dan terkadang bisa merasa mual dan ingin muntah. Hal ini bisa menjadi parah bila anda menderita penyakit maag. Maka dari itu, janganlah Anda tidur ketika sudah selesai sahur jika tubuh Anda ketika berpuasa ingin tetap terjaga kesehatannya.

9.    Dengan Bersabar
Bersabar itu memang diwajibkan saat berpuasa, karena dengan hal tersebut puasa Anda akan terasa ringan sehingga tubuhpun tidak terasa lapar dan akhirnya tubuh akan terasa sehat. Perlu diketahui bahwa sabda Rosulullah SAW. puasa tidak hanya menahan lapar dan haus tetapi juga menahan hawa nafsu.


!!!
Itulah beberapa tips cara menjaga kesehatan saat berpuasa di bulan ramadhan yang bias Anda lakukan dengan mudan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Amin.
Sumber: http://purwaka.blog.uns.ac.id/cara-menjaga-kesehatan-saat-puasa/     

tips menjaga kesehatan saat berpuasa

!!
Jangan lupa untuk terus berkunjung dan mengikuti update terbarunya dari blog Berita Sehat Lengkap ini. Oh iya, jika Anda memiliki tips-tips yang lebih ampuh dari tips di atas, boleh dituliskan dikomentar. Selain itu juga, mohon dishare ketemen-temen Anda jika memang artikel ini sangatlah bermanfaat. Terimakasih.

!
Jangan lewatkan artikel terkait dan sebelumnya, yaitu sebagai berikut:
•    Menu Sehat Untuk Sahur dan Buka Puasa
•    Tips Sehat Berpuasa di Hari Pertama Agar Tidak Mudah Lelah
•    Tips Hidup Sehat yang Berkualitas dan Sederhana
•    Tips Menjaga Kesehatan Pria Dengan Mudah
•    Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Mudah

Sekian dan Terimakasih