Thursday 26 March 2015

Cara Mengobati Mata Merah Dengan Cepat

Cara Mengobati Mata Merah Dengan Cepat – Mata merah ini merupakan salah satu penyakit mata yang sangat menganggu sekali terhadap penglihatan. Mata menjadi merah biasanya disebabkan oleh penyakit mata, maka jangan heran jika mengalami sakit pada mata, mata anda menjadi merah. Jangan biarkan hal ini karena jika tidak akan berdampak negative yang lebih parah lagi. Segeralah melakukan pengobatan baik itu dengan obat tetes mata dari dokter ataupun dengan menggunakan cara alami. Nah, jika ingin menggunakan cara yang alami dalam kesempatan kali ini saya akan share tentang cara mengobati mata merah secara alami dan cepat yang bisa dengan mudah untuk dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Cara Mengobati Mata Merah
tips mengobati mata merah
 
Selain hal tersebut diatas, bahwa iritasi mata merah (konjungtivitas) merupakan penyakit mata yang disebabkan karena adanya peradangan pada bola mata. Iritasi terjadi karena adanya polusi, alergi, dan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus serta jamur. Selain itu juga, mata menjadi merah ini sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor yang harus Anda hindari agar mata anda tidak menjadi merah. Maka dari itu, sebelum ke caranya alangkah baiknya kita ketahui dulu faktor penyebab mata merah.

Penyebab Mata Merah

Semua akibat pasti ada penyebabnya, begitupun dengan mata merah. Nah, yang menjadi akibat mata merah pasti ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Inilah faktor penyebab mata menjadi merah yaitu sebagai berikut:
1.    Debu
Ketahuilah bahwa mata merah sering disebabkan oleh debu. Maka dari itu, hindari debu ketika Anda keluar rumah ataupun ketika beraktivitas karena jika tidak mata akan menjadi merah. Cara menghindari hal tersebut, bisa dengan menggunakan kaca mata, helm (ketika Anda berkendar dengan menutup kaca helmnya). Hindari hal ini agar mata Anda tetap sehat dan jangan biarkan debu masuk kemata Anda.

2.    Alergi
Gejala-gejala alergi ini terkadang menjadi penyebab mata menjadi merah yang disertai oleh gatal-gatal pada mata dan juga mata mengeluarkan air mata karena dikucek matanya. Nah, alergi ini biasanya disebabkan oleh bulu hewan, debu, dan juga sari musiman. Hindari alergi jika mata Anda ingin terhindar dari penyakit mata merah.

3.    Infeksi
Infeksi mata menjadi merah ini disebebkan oleh gatal, rasa tidak enak mengganjal seperti ada pasir, banyak mengeluarkan air mata, dan merahnya mata semakin hari semakin bertambah. Mungkin disertai pembengkakan kelopak mata, dan waktu bangun tidur mata rapat, banyak kotoran mata (belekan). Penyebabnya bisa karena infeksi bakteri, virus atau jamur. Penyakit mata karena infeksi ini mudah menular. Maka dari itu, jangan biarkan mata Anda terinfeksi jika ingin terhindar dari penyakit mata merah ini.
“Nah, itulah beberapa penyebab yang paling identik menjadikan mata menjadi merah yang sekaligus harus dihindari oleh Anda semua”. Setelah mengetahui penyebabnya, tanpa basa-basi lagi sekara mari kita ketahui cara mengobati mata merah dengan cepat yang bisa dengan mudah untuk dilakukan.

Cara Mengobati Mata Merah

Mata merah ini merupakan jenis penyakit mata yang sangat menganggu sekali pada penglihatan Anda. Maka dari itu segeralah untuk melakukan pengobatan baik itu dengan cara ke dokter maupun alami. Jika ingin alami dan murah namun ampuh, inilah cara untuk melakukan pengobatannya yaitu sebagai berikut:
1.    Dengan Air Mawar
Air mawar ini merupakan bahan alami yang sangat peraktis sekali untuk mengobati mata merah Anda. Caranya: sediakan air mawar secukupnya. Setelah itu, cuci mata dengan menggunakan air mawar tersebut. Lakukan cara ini secara rutin 3 kali dalam sehari. Nah, air mawar ini dapat memberikan rasa dingin dan menenangkan mata Anda. Selamat mencobanya.

2.    Dengan Daun Sirih
Daun sirih ini selain bermanfaat untuk mengobati sakit mata, ternyata bermafaat juga untuk mengobatai mata merah. Caranya: sediakan daun sirih secukupnya. Setelah itu, rebus daun sirih, lalu air dari rebusan daun sirih tersebut gunakan untuk mengompres mata dengan menggunakan daun sirih juga. Selain hal tersebut, Anda juga bisa secara langsung meletakan daun sirih yang telah dicuci bersih pada mata. Lakukan secara rutin dan teratur disetiap harinya.

3.    Dengan Ketimun
Ketimun ini memang banyak khasiatnya selain enak dimakan tetapi baik juga untuk mengatasi mata merah yang disebabkan oleh gatal-gatal pada mata. Caranya: sedikan timun secukunya dan cuci dengan air hingga bersih. Setelah itu, iris-iris ketimun setipis mungkin, lalu letakan di mata, diamkan hingga 10-15 menit. Kemudian cuci dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin dan teratur disetiap harinya. Nah, perlu diketahui bahwa ketimun ini mengandung anti-iritasi yang sifatnya mengurangi peradangan, bengkak, dan iritasi pada mata. Maka dari itu, jika mata Anda ingin tetap sehat lakukanlah secara rutin cara ini. Baca juga tips menjaga kesehatan mata secara alami dan mudah.

4.    Dengan Kentang
Kentang ini juga ternyata dapat juga digunakan dan dimanfaatkan untuk mengatasi dan mengobata mata gatal dan juga mata merah. Caranya: sediakan kentang secukupny dan kupas hingga bersih dari kulitnya. Setelah itu, cuci dengan air hingga bersih, lalu iris-iris kentang tersebut setipis mungkin dan letakan mata mata, diamakan selama 10-15 menit kemudian cuci dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya. Oh iya, kentang ini juga dapat berfungsi merilekskan mata dan menghilangkan rasa gatal serta mata merah. Selamat mencobanya.

5.    Dengan Susu
Susu murni ini selain enak dikonsumsi ternyata bermanfaat juga untuk kesehatan mata yaitu mengatasi mata merah dan gatal. Caranya: sediakan susu dan kapas secukupnya. Setelah itu, celupkan kapas ke susu tersebut, lalu letakan pada mata. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur disetiap harinya. Nah, susu ini dapat dipercaya sebagai efek penyejuk pada mata.

6.    Dengan Mengompres Mata
Ketika mata Anda merah, kompres mata dengan menggunakan air hangat. Nah, hal tersebut dapat berfungsi mengurangi mata merah, gatal, dan juga menghindari pembekakan pada mata. Caranya: sediakan air hangat dan handuk kecil. Setelah itu, basahi handuk dengan air hangat dan peras, lalu letakan pada mata. Lakukan secara rutin dan teratur disetiap harinya.

7.    Dengan Berhenti Mengucek Mata
Ketika mata Anda gatal ketika terkena debu maupun semacamnya, janganlah untuk sesekali menguceuk mata karean jika dikuceuk mata akan merah dan semakin parah apalagi sampai mengeluarkan air mata. Selain itu juga, jika mata terus dikucek akan mendorong alergi ataupun bakteri terus masuk kemata Anda. Jadi, hinadari menguceuk mata jika mata ingin terhindar dan teratasi dari penyakit mata merah.

8.    Dengan Mencuci Mata
Cuci mata Anda ketika habis beraktivitas karena ketika itu debu dan kotoran masuk kemata. Jika tidak segera dicuci maka mata akan menjadi gatal dan merah. Maka dari itu, cuci mata dengan ari bersih secara rutin disetiap harinya ok.

9.    Dengan Mengistirahatkan Mata
Istirahatkan mata Anda dari kerjaan yang menggunakan mata dengan terlalu lama dan dekat. Seperti bekerja didepan komputer. Nah, hindari hal tersebut jangan paksakan ketika mata Anda sudah lelah dan merah apalagi sampai mengeluarkan air mata karena hal tersebut akan berdampak buruk pada mata dan mata akan menjadi merah jika terlalu lama dihadapan komputer tersebut.


!!!
Itulah beberapa cara mengobati mata merah dengan cepat yang bisa dilakukan oleh Anda untuk mengobati mata merahnya. Cukup mudahkan caranya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Amin…
Sumber: http://www.sitkes.com/cara-mengobati-mata-merah.html
!!
Jangan lupa juga untuk terus berkunjung ke-blog Berita Sehat Lengkap. Jika memang ada tips yang lebih ampuh dari tips cara diatas ataupun ada kritik dan sarannya, boleh dituliskan dikomentar. Oh iya, jangan lupa dishare juga ketemen-temen anda jika memang artikel ini sangat bermanfaat.

!
Jangan lewatkan artikel terkait sebelumnya berikut ini:
•    Cara Cepat dan Alami Mengobati Sakit Mata
•    Cara Merawat Kesehatan Mata Dengan Mudah
•    Cara Mengobati Mata Minus Secara Alami 

Sekian dan terimakasih.