Tuesday 12 August 2014

Cara Mengatasi Rambut Berketombe Secara Alami dan Ampuh

A. Ketombe

Cara Mengatasi Rambut Berketombe Secara Alami dan Ampuh - Ketombe adalah pengelupasan berlebihan pada sel kulit mati dari kulit kepala. Ketombe ini bukan merupakan organisme seperti kutu rambut, tetapi kulit mati yang menumpuk di kulit kepala. Ketome ini bias disebutkan suatu masalah bagi setiap orang, karena ketombe dikepala ini atau dirambut dapat mengakibatkan gatal-gatal dikepala dan lebih parahnya lagi membuat diri kita tidak nyaman dengan adanya ketombe dan juga membuat diri kita tidak percaya diri. Mengapa demikian ? karena disaat kita bermain atau bekerja jika rambut kita berketombe akan merasa malu jika terlihat oleh rekan dan teman yang ada disekeliling anda.

tips cara mengatasi rambut berketombe
cara mengatasi rambut berketombe secara alami dan ampuh
Ketombe ini muncul diakibatkan oleh kulit kepala yang berminyak dan lembab dan juga bias disebabkan oleh pemakaian sampo yang salah, stress dan disebakan oleh rambut yang jarang dicuci yang akhirnya dapat memunculkan ketombe dirambut. Oh iya, Ketombe juga bukan hanya menimbulkan gatal di kulit kepala tetapi dapat mengganggu penampilan dan membuat rambut rontok. Nah, jika rambut anda sedang mengalami kerontokan baca saja artikel ini : Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Tradisional. Maka dengan itu, dibawah ini akan saya uraikan dan jelaskan cara mengatasi rambut berketombe secara alami dan ampuh yang mungkin bisa dijadikan solusi bagi anda untuk menghilangkan ketombe.

B. Cara Mengatasi Rambut Berketombe Secara Alami dan Ampuh

Berikut ini beberapa tips cara untuk mengatasi ketombe dirambut sekaligus menghilangkan ketombe dengan cepat dan aman yaitu sebagai berikut :

1. Dengan Minyak Kelapa
Minyak kelapa ini biasa digunakan untuk menggoreng. Namun dalam hal ini cocok sekali dijadikan bahan untuk mengatasi ketombe dirambut. Caranya : sediakan minyak kelapa secukupnya, lalu oleskan dikulit kepala dan rambut sambil dipijat-pijat, diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih, bisa juga dibantu dengan sampo yang sering anda gunakan. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya yaitu satu kali saja dalam sehari agar ketombe bisa dengan cepat dihilangkan. Ingat ya, lakukan secara rutin dan teratur.

2. Dengan Gel Lidah Buaya

Lagi-lagi lidah buaya, lidah buaya memang banyak sekali manfaatnya hamper semua perawatan rambut pasti ada lidah buayanya dan dalam hal ini lidah buaya cocok sekali digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya : sediakan lidah buaya secukupnya, cuci dengan air hingga bersih. Setelah itu, belah daun lidah buaya, lalu ambil gelnya, kalau sudah, oleskan kekulit kepala hingga merata, lakukan pijatan-pijatan halus ketika mengoleskannya, diamkan hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini dua kali dalam sehari secara rutin hingga ketombenya hilang.

3. Dengan Jeruk Nipis
Banyak orang mengatahuinya bahwa jeruk nipis ini sebenarnya sangat cocok digunakan untuk mengobati batuk, ini dia artikelnya klik saja Cara Mengobati Batuk Baik itu Batuk Kering maupun Berdahak Terlengkap dan Terbaru. Namun, dalam hal ini air dari perasan jeruk nipis sangat cocok digunakan untuk menghilangkan ketombe dan mengurangi gatal-gatal dikepala saat datangnya ketombe. Lakukan cara ini setelah keramas. Caranya :  sediakan jeruk nipis secukupnya. Setelah itu, belah masing-masig jeruk nipis menjadi dua bagian, peras dan ambil airnya, lalu oleskan kekulit kepala diikuti dengan pijatan-pijatan halus dikepala, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini satu kali saja dalam sehari secara rutin setiap harinya dan lakukan samapi ketombenya hilang.

4. Dengan Buah Nanas
Buah nanas ini sebenarnya enak untuk di konsumsi apalagi dibuat jus dan banyak juga orang yang menyukai buah nanas termasuk saya sendiri. Namun, dalam hal ini buah nanas cocok juga digunakan untuk mengatasi ketombe di kepala dan rambut. Oh iya, Buah nanas ini juga mengandung zat bromelain pada nanas berkhasiat untuk membuang jaringan kulit tidak sehat termasuk ketombe.   Lakukan cara ini ketika anda mau tidur. Caranya : sediakan satu saja buah nanas yang sudah matang, kupas hingga bersih dari kulitnya. Setelah itu, parut hingga halus, lalu gosokkan parutan buah nanas gtersebut ke kulit kepala yang banyak ketombenya, diamkan hingga semalaman, keesokan hari bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin ketika anda mau tidur dan lakukan terus secara rutin dan teratur hingga ketombenya hilang dikepala dan rambut.

5. Dengan Kunyit
Kunyit ini ternyata dapat dijadikan solusi untuk menghilangkan ketombe. Caranya : sediakan kunyit secukupnya, cuci dengan air hingga bersih dan kupas kulitnya. Setelah itu, parut hingga halus, lalu oleskan ke kulit kepala secara merata sambil melakukan pijatan lembut, diamkan hingga 15-30 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin satu kali dalam sehari hingga ketombenya hilang.

6. Dengan Buah Mengkudu
Tahukah anda? Mengkudu ini ternya cocok juga digunakan untuk mengatasi ketombe di kepal dan rambut sekaligus menghilangkan rasa gatal di kepa yang di sebabkan oleh ketombe. Caranya : sediakan 3 buah mengkudu yang sudah matang, cuci dengan air hingga bersih. Setelah itu, parut hingga halus, tambahkan sedikit air, aduk-aduk hingga merata, lalu oleskan kekulit kepala secara merata sambil melakukan pijatan-pijatan lembut, diamkan hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur dalam 3 kali dalam seminggu.

7. Dengan Cuka
Mengapa cuka ini dapat dijadika bahan untuk menhilangkan ketomeb? Karena kandungan kalium dan enzim yang terdapat pada cuka dapat mengurangi ketombe dan gatal-gatal dikepala. Cara ini sangat mudah sekali dilakukan dan lakukanlah cara ini ketika anda mau tidur. Caranya : sediakan cuka secukupnya, campur cuka dengan sedikit air, aduk-aduk hingga merata, lalu oleskan ke kulit kepala secara merata dan sambil melkukan pijatan-pijatan lembut di kulit kepala, lilit dengan handuk, keseokan paginya bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin sekurang-kurang satu kali dalam sehari dan lakukan hingga ketombenya hilang.

8. Dengan Pandan
Pandan ini ternyata dapat juga dijadikan bahan untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala dan rambut. Caranya : sediakan pandan secukupnya, lalu giling pandan tersebut hingga halus, tambahkan sedikit air, peras dan ambil airnya. Setelah itu, keramaslah dengan air tersebut, diamkan hingga kering, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini sekali saja dalam sehari secara rutin dan teratur.

9. Dengan Soda Kue
Soda kue ini merupakan bahan yang digunakan untuk pengembah kue dan ternyata bahan pengembang kue ini ternyata ampuh sekali untuk mengusir ketombe. Caranya : sediakan segenggam soda kue, lalu retakan dikepala, diamakn 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya yaitu satu kali saja dalam sehari. Oh iya, jangan takut ya jika pada awal-awal rambut mungkin akan sedikit kering, tapi cara ini akan membuat kulit kepala anda memproduksi minyak secara alami sehingga membuat rambut lembut dan ketombe hilang. Selamt mencobanya.

10. Dengan Cuka Apel
Cuka apel ini dapat dijadikan solusi untuk menghilangkan ketombe dan cara ini juga merupakan car yang paling efektif untuk mengatasi ketomeb di kepala dan rambut. Caranya : sediakan ½ cangkir cuka apel dan ½ cangkir air hangat. Setelah itu, campur kedua bahan tersebut, aduk hingga merata, diamkan dulu hingga dinging, lalu oleskan ke kulit kepala secara merata sambil melakukan pijatan-pijatan halus, diamkan hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin yaitu 3 kali dalam seminggu.

11. Dengan Garam
Garam ini adalah bahan dapur sering kita temui dan gunakan juga sebagai penyedap rasa bagi makanan baik itu sayuran dan yang lainnya. Namun, dalam hal ini garam sangat berguna sekali untuk mengursir ketombe di kepala maupun rambut. Caranya : sedikan 3 sendok garam dan sedikit air. Setelah itu, basahi garam dengan sedikit air, lalu oleskan ke kulit kepala secara merta samba melakukan pijatan lembut, diamkan hingga 5 menit, kemudian bilas denga air. Nah, cara ini cukup mudahkan, selamat mencobanya dan usahakan secara rutin dan teratur yaitu satu kali saja dalam sehari.

12. Dengan Daun Neem
Daun nee mini dapat juga dijadikan bahan untuk menghilangkan ketombe karena kandungan yang anda didalam daun neem mengurangi rasa gatal, bertindak sebagai antifungal, menghambat pertumbuhan jamur berlebihan yang nantinya dapat menyebabkan ketombe. Caranya : sediakan dua genggam daun neem dan air panas secukupnya. Setelah itu, simpanlah daun neem di dalam suatu wadah, seduh dengan air panas, diamkan hingga semalaman, lalu keesokan harinya ambil air tersebut dan cucilah kepala dan rambut dengan air tersebut, diamkan hingga kering, kemudian bilas kembali dengan air dingin yang bersih. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur maksimalnya tiga kali dalam seminggu.

13. Dengan Baking Soda
Baking soda ini ternyata dapat juga dijadikan bahan untuk menghilangkan ketombe. Caranya : sediakan satu sendok makan baking soda dan air hangat secukupnya. Setelah itu, campurkan kedua bahan tersebut, aduk-aduk hingga merta. Nah, gunakanlah ramuan tersebut sebagai sampo setiap kali anda mandi. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya terutama setiap kali anda manid agar ketombenya cepat hilang. Bagi anda yang menggunakan cara ini jangan kaget jika rambut anda mungkin akan merasa cukup kering di awal, tapi minyak alami yang ada pada rambut akan memulihkannya segera dan rambut anda akan jauh lebih seimbang dari pada ketika menggunakan beberapa shampo komersial. Selamat mencobayanya.
 Baca juga artikel menarik berikut : 7 Cara Merawat Rambut Secara Alami Agar Terlihat Indah.

!!!
Itulah beberapa tips cara mengatasi rambut berketombe secara alami dan ampuh. Mudah-mudahan cara ini dapat dijadikan solusi bagi anda dan dapat dengan cepat menghilangkan ketombe.

Sekian dan terimakasih




EmoticonEmoticon