Thursday 9 July 2015

Gaya Hidup Sehat Bebas Jantung Koroner

Gaya Hidup Sehat Bebas Jantung Koroner - Jika seseorang telah menerapkan gaya hidup sehat bebas jantung koroner, maka pada dasarnya adalah sama baiknya sebagaimana kita menjaga kesehatan seluruh tubuh kita dari berbagai resiko penyakit. Sebab dengan menjaga kesehatan jantung kita, pada saat yang sama kita akan merasakan tubuh yang segar bugar, dimana aliran darah hasil pompaan jantung berjalan dengan sangat lancar dan baik. Kondisi ini membuat pengangkutan nutrisi ke seluruh tubuh, proses regenerasi sel, dan suplai makanan dan proses anti bodi menyebar ke seluruh tubuh dengan cepat dan baik. Kondisi ini adalah kondisi paling ideal bagi kesehatan kita, bebas dari resiko berbagai penyakit.

Gaya Hidup Sehat Bebas Jantung Koroner
 
Untuk memulai hidup sehat bebas dari resiko jantung koroner setidaknya ada tiga pembahasan penting.
1.    Pertama adalah terkait dengan kebiasaan atau perilaku hidup kita. Perilaku hidup terkait dengan motivasi, cara pandang dan semangat menjalani beberapa aktifitas kehidupan.
2.    Kedua adalah terkait dengan pola makanan. Ada makanan dan minuman yang harus mawas diri saat mengkonsumsinya, dimakan atau diminum secara wajar dan tidak berlebihan.
3.    Dan yang ketiga adalah terkait dengan olahraga. Tidak ada gaya hidup sehat apapun yang tidak melibatkan olahraga sebagai pilarnya.
Ketiga pokok dari cara atau gaya hidup sehat tersebut tentu masih sangat general dan teoretis Untuk itu butuh pembahasan yang akan dijelaskan secara aplikatif. Berikut beberapa tindakan atau tips memperkuat jantung, memperlemah potensi atau resiko penyakit jantung, dan juga beberapa makanan yang perlu anda batasi atau juga sebaliknya anda konsumsi sebagai perangkat dari bagaimana gaya hidup sehat bebas jantung koroner dapat dilakukan.

Gaya Hidup Sehat Bebas Jantung Koroner

Inilah beberapa hal yang harus anda perhatikan agar gaya hidup anda sehat dan bebas dari yang namanya penyakit jantung coroner, yaitu sebagai berikut:

1.    Jangan Malas Gerakkan Tubuh Anda

1)    Ubah Perilaku Malas Kita
Ini adalah terkait dengan bagaimana motivasi kita dalam menajaga kjesehatan dan berperilaku sehat. Sudah barang tentu yang utama adalah cobalah untuk mengurangi rasa malas menggerakkan tubuh. Pergerakan tubuh sangat membantu berbagai proses organ tubuh kita bekerja dan dapat berkembang dengan baik, termasuk organ jantung kita.
Jika Anda terbiasa ke warung sebelah Anda yang jaraknya 100 meter dengan naik motor, cobalah sesekali dicoba lakukan dengan jalan kaki. Atau jika masih pagi bisa Anda lakukan dengan sedikit berlari. Jika Anda terbiasa baik lift saat naik ke lantai lebih atas, cobalah kurangi satu atau dua lantai untuk diganti dengan naik tangga biasa.

2)    Tetap Gerakkan Tubuh pada Saat Santai
Atau bisa jadi kita memang mempunyai kemalasan melakukan aktifitas tertentu. Akan tetapi itu bukan berarti kita tidak mempunyai aktifitas yang dapat kita anggap menyenangkan. Misalnya saja selama ini kesukaan kita adalah menonton televisi, bahkan dalam waktu yang sangat lama dan berjam-jam. Bisa jadi kebiasaan kita adalah menonton bola, melihat konser dari akademi atau artis tertentu, atau juga melihat berbagai serial sinetron.
Cobalah lakukan sedikit perubahan, dimana jika selama ini Anda duduk diam menonton televisi, maka lakukan beberapa aktifitas ringan dengan menghadap televise, dengan catatan aktifitas tersebut tidak akan berbahaya jika dilakukan bersamaan sambil menonton acar televisi. Lakukan aktifitas seperti menyapu, mengepel, melipat baju dan lain sebagainya. Segala aktifitas tersebut juga dapat Anda jadikan solusi pengganti kebiasan ngemil di depan televisi.
Gerakan tubuh tersebut sangat membantu dalam menjaga stamina jantung kita. Jika kita diamkan tubuh kita dalam kurun waktu yang lama tanpa aktifitas, maka metabolism tubuh sangat rendah, dan hal tersebut merangsang jantung untuk semakin memompa dalam tensi yang lemah. Hal ini bisa berakibat buruk pada saat tertentu dimana jantung membutuhkan kinerja yang lebih cepat.

2.    Perbaiki Pola Makan Kita

1)    Makanlah Makanan Berlemak dan Makanan Manis Sewajarnya
Kurangi negmil makanan manis sebagai penyebab diabetes militus. Sebab penderita diabetes dangat dekat akan resiko terkena penyakit jantung. Begitupun dengan makanan berlemak. Makanlah dalam batas yang wajar, tidak berlebihan dan serakah. Makanan berlemak mempunyai dampak yang jelas kurang baik pada kesehatan organ tubuh dalam kita. Lemak yang lengket dan menutupi bagian pinggang kita sangat berpengaruh atau berpotensi measuk ke dalam dinding pembuluh darah. Kalau sudah begini maka lemak akan terus merasuk lebih banyak dan bisa saja membuat jalan darah menyempit, atau bahkan tersumbat. Kondisi ini tentu merangsang jantung memompa lebih kencang agar darah mengalir normal. Bahkan pada saat tersumbat, maka jantung akan bekerja lebih keras lagi. Ini sangat berbahaya untuk kesehatan jantung

2)    Minum Air Putih Sebelum dan Sesudah Makan
Air putih adalah minuman paling menyehatkan, dimana segala racun akan dibantu untuk netral oleh air putih. Dengan minum air putih sebelum makan, maka perut Anda akan sedikit lebih kenyang. Hal ini membantu konsumsi makanan Anda tidak berlebihan. Begitu juga sangat baik minum air putih setelah makan sebagai proses pendorong makanan dapat berjalan dengan lancer.

3.    Olahraga Teratur

Ini adalah keharusan. Dengan melakukan olahraga teratur maka keseluruhan sistem organ dalam tubuh Anda dapat bekerja dengan baik. Baik olahraga ringan atau berat, yang terpenting adalah menjaga stamina jantung Anda dalam keadaan stabil. Ingat, olahraga adalah ruh dari gaya hidup sehat bebas jantung koroner.

!!
Jangan lupa untuk terus berkunjung dan mengikuti update terbarunya dari blog Berita Sehat Lengkap ini. Oh iya, jika Anda memiliki tips-tips yang lebih ampuh dari tips di atas, boleh dituliskan dikomentar. Selain itu juga, mohon dishare ketemen-temen Anda jika memang artikel ini sangatlah bermanfaat. Terimakasih.

!
Jangan lewatkan artikel terkait dan sebelumnya, yaitu sebagai berikut:
•    Makanan dan Minuman Penyebab Jantung Koroner
•    Pahami Gejala Penyakit Jantung Koroner
•    Cara Mendeteksi Penyakit Jantung
•    Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mencegahannya
•    Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Sekian dan Terimakasih