Saturday 11 October 2014

13 Jenis Sayuran yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Jenis Sayuran yang Bermanfaat untuk Kesehatan – Begitu banyaknya jenis sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jenis sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan ini tidaklah sulit untuk didaptkan, bahkan bisa dengan mudah sekali untuk didapatkan. Mulailah untuk mengkonsumsi sayuran karena sayuran ini sangat baik sekali untuk kesehatan. Bisa juga disebutkan, mulailah hidup sehat dengan mengkonsumsi sayuran disetiap harinya. Berikut dibawah ini ada beberapa jenis sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan yang bisa dengan mudah didapatkan.
jenis sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan
jenis sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan

Jenis Sayuran Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Inilah jenis-jenis sayuran yang sangat bermanfaat dan baik untuk kesehatan yaitu sebagai berikut :

1.    Kangkung
Siapa yang tidak tahu dengan sayuran jenis kangkung? Saya yakin pasti semuanya tahu. Mitos banyak orang bilang jenis sayuran ini jika dikonsumsi mempunyai efek samping yaitu mengantuk (kaya obat tidu saja). Tetapi itumah hanya mitos dan tergantung kepercayaannya (he he he). Padahal kangkung ini banyak sekali kandungan zat dan vitaminnya yang sangat baik untuk kesehatan diantaranya vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Mineral yang ditemukan pada kangkung meliputi kalsium, fosfor, dan kalium. Vitamin B kompleks pada kangkung diketahui dapat membantu meningkatkan hormon yang menciptakan suasana nyaman. Selain itu, ekstrak kangkung juga ditemukan dapat membantu penghambatan penyerapan gula sehingga cocok untuk yang menderita diabetes. Jadi, mulailah untuk mengkonsumsi jenis sayuran kangkung ini. Karena sangat baik untuk kesehatan tubuh bahkan dapat menyembuhkan penyakit seperti diabetes.

2.    Bayam
Bayam ini sangatlah mudah untuk didapkan. Kalau dikampung saya, bayam ini ditanam dipekarangan rumah jadi saya bisa dengan mudah mendapatkannya. Mulailah mengkonsumsi jeni sayuran ini karena sayuran ini memili kandungan yang baik untuk kesehatan. Nah, bayam ini selain tinggi kandungan seratnya, bayam adalah sumber zat besi yang sangat baik atau dua kali lipat dari jenis sayuran yang lainnya untuk kesehatan darah. Selain itu juga, bayam mengandung lutein yang berfungsi menjaga kesehatan mata dan katarak, serta klorofil dan 13 jenis komponen flavonoid yang dapat bertindak sebagai antioksidan dan antikanker. Bayam juga merupakan sumber vitamin yang kaya akan vitamin A, C, K, dan folat. Wowww, ternyata banyak sekali manfaatnya. Jadi, sekali lagi mulailah untuk mengkonsumsi syuran bayam ini karena syuran ini mengandung zat dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan.

3.    Sawi
Jenis sayuran sawi ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan diantaranya : kandungan vitamin dan mineral yang diketahui memiliki kemampuan antioksidan karena kandungan vitamin C dan E, serta karoten dan glukosinolatnya. Perlu diketahui juga, bahwa sawi ini mengandung kalsium, magnesium, dan asam folat yang dapat membantu menyehatkan tulang, serta tinggi serat untuk membantu melancarkan pencernaan tubuh. Selain itu, sawi juga dapat mencegah peradangan serta mampu mencegah berbagai jenis kanker. Wowww, sayuran sawi ini ternyata banyak juga manfaatnya. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi sayuran ini.

4.    Seledri
Seledri ini memili kandungan yang baik untuk kesehatan diantaranya kalsium, zat besi, kalium, serta vitamin A dan C. Seledri ini juga mampuh bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolestro dan mencegah perkembangan sel kanker. Maka dengan itu, mulailah untuk mengkonsumsi seledri ini. Karena begitu banyak manfaatnya terutama untuk kesehatan tubuh.

5.    Daun Singkong
Daun singkong ini kalau dikampung saya mudah sekali didapatkan. Bagaimana dengan anda? Saya yakin pasti andapun bisa dengan mudah mendapatkan daun singkong ini. Daun singkong ini merupakan jenis lalapan yang sangat enak jika dimakan disandingkan dengan laukpauk dan sambal dan juga hal ini salah satu khas di Indonesia  Perlu diketahui daun singkong ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Karena didalamnya memiliki banyak kandungan diantaranya : protein, zat besi yang cukup tinggi, serta vitamin A dan C. Tuhkan, banyak sekali kandungannya, jadi mulailah dari sekarang untuk mengkonsumsi daun singkong karena dapat bermanfaat untuk kesehatan.

6.    Timun
Timun ini juga sangat baik untuk kesehatan. Karena timun ini mengandung vitamin C (antioksidan), mangan, folat yang berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung dan depresi, serat, magnesium, klorofil, serta lutein. Timun ini juga baik untuk kesehatan pencernaan dan kadar air yang tinggi mampuh berguna untuk menyegarkan tubuh. Maka dari itu, mulailah dari sekarang untuk mengkonsumsi timun. Karena timun banyak sekali kandungan zat dan vitaminnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

7.    Peria
Jenis sayuran ini juga ternyata banyak sekali kandungannya yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan yang terkandung didalam peria ini diantaranya : serat, kalsium, kalium, zat besi, serta vitamin C dan A. Nah, hal ini dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula, menurunkan kolestrol, menurunkan tekanan darah dan juga mencegah pertumbuhan sel kanker. Maka dengan itu, mulailah untuk mengkonsumsi jenis sayuran ini. Karena banyak sekali kandungannya yang bermanfaat untuk kesehatan.

8.    Brokoli
Tahukah anda brokoli? Brokoli ini aslinya dari Itali. Jadi, jika anda ingin mengkonsumsi sayuran itali konsumsilah sayuran ini. Brokoli ini memiliki kandungan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan diantaranya vitamin C,  mineral dan antioksidan. Nah, dari kandungan tersebut brokoli mampuh bermanfaat untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker dan juga dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Jadi, mulailah untuk mengkonsumsi jenis sayuran ini. Karena begitu banyak kandungannya yang sangat baik untuk kesehatan.

9.    Bok choy
Sayuran jenis bok choy ini sering juga disebut sendok sup karena daunnya mirip dengan sendok sup. Sayuran jenis bok choy ini memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Sayuran ini mengandung vitamin A, C, D, folat dan kalium. Sangat penting diketahui juga sayuran jenis bok choy ini bermanfaat untuk mecegah terjadinya penyakit kanker prostat dan payudara. Jadi, mulailah untuk mengkonsumsi jenis sayuran ini. Karena banyak sekali kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan. Oh iya, syuran ini juga mampuh bermanfaat untuk kesehatan jantung.

10.    Buncis
Perlu anda ketahui juga sejarah beuncis dan jenis kacang-kacangan ini hingga sampai ke Indonesia karena tanaman ini berasal dari peru. Sayuran ini pertama kalinya dibawa ke Eropa oleh penjajah sepanyol pada abad ke 16 , seiring berkembangnya jaman sampailah jenis sayuran kacang ini ke Indonesia. Jenis sayuran buncis ini memiliki banyak kandungan yang bait untuk kesehatan diantaranya : vitamin K, C, dan A, serta mengandung folat, mangan, kalium, zat besi, dan  serat. Selain itu juga, buncis memiliki senyawa antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan kandungan serat yang terkandung didalam buncis ini mampuh menurunkan resiko terjadinya penyakit diabetes. Maka dari itu, mulailah mengkonsumsinya. Karena buncis selain baik untuk kesehatan dapat juga mencegah penyakit.

11.    Kubis
Kubis ini bisa dimakan secara mentah atau dimasak. Perlu diketahui juga kubis ini memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Vitamin A yang terkandung didalam kubis berguan untuk kesehatan kulit dan kesehatan mata. Kubis ini juga diketahui bermanfaat untuk kesehatan paru-paru, perut, dan kanker prostat. Selain itu juga, kubis mengandung yodium yang baik untuk menguatkan otot-otot. Jadi, Mulailah mengkonsumsi jensi sayuran ini. Karena memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan.

12.    Kacambah
Kacambah ini salah satu jenis sayuran yang sangat baik untuk kesehatan dan juga anda mendapatkan nutrisi yang baik dari kacambah ini. Sayuran ini kaya akan vitamin A, B, C dan E dan juga mengandung kalsium, zat besi, dan kalium. Begitu banyak kandungan zat dan vitamin didalm kacambah ini. Maka dengan itu, mulailah mengkonsumsi jenis sayuran ini. Karena banyak sekali kandungannya yang bermanfaat untuk kesehatan.

13.    Salada
Ternyata jenis sayuran ini bermanfaat juga untuk kesehatan. Karena salada ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan diantaranya vitamin A, B dan C, dan juga mengandung asam folat, mangan, dan kromium. Perlu diketahui juga, bahwa salada ini mengandung zat besi yang berfungsi membantu pembentukan darah dan juga mengandung magnesium yang sangat penting bagi kesehatan otak dan saraf. Jadi, mualilah untuk mengkonsumsi  jenis sayuran ini. Karena begitu banyak kandungan dan manfaatnya terutama untuk kesehatan.

!!!
Itulah beberapa jenis sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan yang bisa dikonsumsi dan bisa dengan mudah anda dapatkan. Mulailah dari sekarang gaya hidup sehat salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran. Semogat artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Amin…  
Sumber :
-    http://www.menshealth.co.id/nutrisi/nutrisi.umum/10.sayuran.hijau.juara/003/002/46

!!
Jangan lupa juga untuk terus berkunjung ke-blog Berita Sehat Lengkap. Jika memang ada tips cara yang lebih ampuh dari cara diatas ataupun ada kritik dan saranya, boleh dituliskan dikomentar. Oh iya, jangan lupa dishare juga ketemen-temen anda jika memang artikel ini sangat bermanfaat.
Jangan lewatkan artikel sebelumnya :
-    Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan
-    20 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan
-    Tips Diet Tanpa Menggunakan Obat Dengan Cepat

Sekian dan terimakasih

Jangan Anda Lewatkan Artikel Menarik di Bawah ini: