Sunday 14 September 2014

Cara Membasmi Kutu Di Kepala dan Rambut Secara Alami

Cara Membasmi Kutu Di Kepala dan Rambut Secara Alami - Kutu ini merupakan masalah yang paling jengkel karena hinggap di kepala dan rambut yang sering menimbulkan rasa gatal dan rasanya ingin mencukur saja seluruh rambut di kepalanya agar kutunya tidak ada lagi. Mencukur hingga habis rambut memang senjata paling jitu untuk menghilangkan kutu di kepala dan rambut tetapi itu bukan solusi yang paling tepat karena dengan kepala yang gundul dapat merusak penampilan walaupun ada juga yang menyukai kepala gundul tapi tidak banyak orang yan menginginkan rambutnya gundul. Nah, anda tidak perlu khawatir disini saya akan memberikan cara untuk membasmi kutu. Namun, sebelumnya mari kita ketahui dulu apa itu kutu? Dan apa saja yang menjadi adanya kutu di kepala dan rambut? Ok.

tips cara membasmi kutu
cara membasmi kutu

Apa Itu Kutu ?

Kutu adalah salah satu binatang menjijikan yang sangat betah tinggal di kepala dan rambut manusia. Kerjaan dari parasit ini menghisap darah dari kulit kepala dan populasinya semakin banyak dari hari ke hari. Bahkan kutu betina dapat bertelur hingga 5-10 kali per harinya.

Apa Penyebab Timbulnya Kutu ?

Kutu hinggap di kepala dan rambut pasti ada penyebabnya. Maka dari itu, yukkk ach kita ketahui penyebab timbulnya kutu di kepala dan rambut.

1.    Factor Keturunan

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sebagian timbulnya kutu bisa disebabkan oleh factor keturunan keluarga. Jika ingin membuktikannya, coba anda cek dari keturunan anda.

2.    Karena Tertular Dari Orang Lain

Kutu rambut bisa ada di kepala dan rambut bisa juga disebabkan oleh tertular dari orang lain. Misalanya dari salah satu temen kamu banyak kutunya bisa saja dari situ karena kutu ini menyebar dari kepala ke kepala lain. Menyebarnya rambut ini bisa menyebar melalui sisir, topi, handuk, kerudung dan benda lainnya yang sering dipakai dikepala. Maka dengan itu, hindari sepakai dengan orang yang banyak kutunya.

3.    Karena Rambut Tidak Terawat

Rambut tidak terawat ini dapat memicu timbulnya kutu di kepala. Karena jika anda tidak suka keramas rambut anda menjadi kotor dan kutupun lebih senang tinggal di rambut kotor. Kutu juga bisa muncul jika terlalu sering mengikat rambut dan menggunakan topi secara lama karena keringat menumpuk dikepala dan rambut sehingga kutupun hinggap.
“Itulah yang menjadi penyebab timbulnya kutu di kepala dan rambut. Nah, sudah tahukan penyebabnya, sekarang mari kita ketahui cara membasmi kutu di kepala dan rambut yang dengan mudah bisa anda gunakan. Jangan lupa, baca sampai tuntas karean dari Berita Sehat Lengkap dari saya ini yang artikelnya berjudul membasmi kutu ada senjata pamungkasnya. Jangan lewatkan ok.

Cara Membasmi Kutu Di Kepala dan Rambut Secara Alami

Berikut ini ada beberspa tips cara membasmi kutu yang bisa anda gunakan dengan cara mudah yaitu sebsgai berikut :

1.    Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang bagus untuk perawatan kecantikan dan semua orang mengetahui itu. Namun, dalam hal ini minyak zaitun dapat dijadikan bahan alami pembasmi kutu. Minyak zaitun mengandung omega-3 yang berfungsi dapat menjadikan kutu menjadi lemas dan mudah dihilangkan dengan keramas. Caranya: sediakan minyak zaitun secukupnya. Setelah itu, oleskan pada rambut dan kulit kepala hingga merata sambil melakukan pemijatan, diamkan hingga 30 menit, kemudian berkeramaslah dengan menggunakan shampoo. Lakukan cara ini secara rutin dalam setiap harinya.

2.    Dengan Bawang Merah

Semua orang mengetahuinya bahwa bawang merah ini mempunyai bau yang menyengat. Nah, bau menyengat inilah yang dijadikan senjata untuk membasmi kutu. Caranya: sediakan 5 siung bawang merah, haluskan hingga benar-benar halus. Setalah itu, oleskan pada kulit kepala dan rambut, lakukan pemijatan ketika pengolesan pada kulit kepala agar meresap, diamkan hingga 15 menit, kemudian cuci rambut anda dibantu dengan shampoo yang sering anda gunakan untuk menghilangkan bau bawang. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap satu kali dalam sehari.

3.    Dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa ini dapat juga digunakan untuk membasmi kutu di kepala dan rambut. Minyak kelapa ini dapat membuat kutu dehidrasi karena kehausan dan akhirnya kutu akan mati. Gunakan cara ini ketika malam hari. Caranya: sediakan minyak kelapa secukupnya, lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata, lakukan pemijatan secara halus ketika memijat, dimakan hingga 5 jam, kemudian cuci rambut dengan menggunakan shampoo. Lakukan cara ini secara rutin seminggu berturut-turut ok.

4.    Dengan Cuka Putih

Cara yang keempat ini dengan menggunakan cuka putih. cuka putih ini berfungsi untuk mensterilkan kulit kepala sehingga kutunya mati dan mencegah penetasan telur kutu yang ada di kepala dan rambut. Caranya: sediakan cuka putih secukupnya, lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata sambil melakukan pijtan halus, diamkan hingga 1 jam, kemudian cuci rambut dibantu dengan shampoo. Lakukan cara ini tiga kali saja dalam sehari.

5.    Dengan Kacang Almond dan Lemon

Kacang almond sering dikonsumsi dan rasanyapun enak dan lezat. Namun, dalam hal ini campuran kacang almond dan lemon ini dapat dijadikan solusi untuk membasmi kutu. Caranya: sediakan 10 butir kacang almond dan lemon secukupnya. Setelah itu, rendam kacang almond beberapa saat saja, lalu tumbuk kacang almond hingga halus dan tambhkan 4 sendok makan lemon, aduk hingga merata. Kalau sudah, oleskan pada kulit kepala dan rambut, lakukan pemijatana ketika melakukan pengolesan, diamkan sekitar 1 jam saja, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin setiapa hari hingga kutunya hilang.

6.    Dengan Kapur Ajaib

Tidak sedikit orang yang sering menggunakan kapur ajaib untuk membasmi kutu. Salah satu dari keluarga sayapun pernah menggunakan cara ini dan alhamdulilah ada hasilnya. Kapur ajaib ini berfungsi mematika syaraf-syaraf  kutu rambut dan secara perlahan kutu rambut akan berguguran bahkan mati. Saya sarankan jangan terlalu sering menggunakan cara ini karena efeknya akan tidak baik pada rambut. Lakukan cara ini ketika anda mau tidur malam. Caranya: sediakan kapur ajaib, lalu oleskan pada kulit kepala, diamkan saja semalaman. Keesokan harinya, cuci rambut dibantu dengan menggunakan shampoo yang sering anda gunakan.

7.    Dengan Menggunakan Sisir Kutu

Sisir kutu ini bisa anda gunakan ditoko peralat yang khusus. Anda bisa membelinya karena sisir ini bisa dijadikan solusi untuk membasmi kutu. Sisir ini giginya sangat rapat karena agar dapat menyapu kutu di rambut maka gunakan secara perlahan ketika menysisrnya. Caranya: sediakan sisir kutu dan alas untuk menampung kutu. Setelah itu, sisir rambut secara perlahan ke bawah kearah alas yang disediakan, kutu akan jatuh ke alas tersebut tapi kadang menempel  di sisir, ambil saja kutu yang ada disisir ke alas disediakan, kemudian gunakan jari anda untuk membunuh kutu tersebut. Lakukan secara rutin dan teratur agar kutunya cepat habis di kepala dan rambut.

8.    Dengan Mencukur Rambut

Inilah senjata terakhir untu menghilangkan kutu di kepala dan rambut yaitu mencukur rambut. Jika memang ini jalannya bagi anda mengapa tidak. Tetapi korbannya adalah mahkota anda yaitu rambut. Tapi tenang saja semua pengorbanan pasti ada hasil. Karena ada tips cara menumbuhkan rambut secara alami dan cepat yang bisa anda gunakan.

!!!
Itulah beberapa tips cara membasmi kutu di kepala dan rambut secara alami yang bisa anda coba. Lakukan secara rutin hingga kutunya hilang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Aminnn…
Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Mengatasi Rambut Berketombe Secara Alami dan Ampuh
Sumber :
-    http://www.sayacantik.com/rambut-berkutu/
-    http://www.cara-kesehatan.com/2014/07/cara-menghilangkan-kutu-rambut-dengan.html

Sekian dan terimakasih