Thursday 18 September 2014

Cara Mengatasi Rambut Rusak Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Rusak Secara Alami – Rambut rusak adalah sebuah masalah bagi setiap orang. Karena dengan rambut yang rusak membuat tidak percaya diri untuk keluar rumah. Kebanyakan orang terutama wanita menginginkan rambutnya indah dan berkilau karena ingin terlihat lebih cantik. Oh iya, ternyata rambut ini memiliki peran yang sangat penting untuk penampilan dan tentunya penampilan akan terlihat bagus dan banyak disukai jika semuanya terlihat bagus terutama dalam hal ini rambut. Saya sendiri menyukai wanita yang rambutnya terlihat indah, berkilau dan panjang ”loch kok jadi curhat” ngomong-ngomong rambut panjang, ada juga nie jika anda menginkan rambut anda baca artikel ini cara memanjangkan rambut secara alami yang mungkin bisa anda coba caranya. Nah, didalam kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan tips cara untuk mengatasi rambut rusak. Namun, alangkah lebih baiknya kita ketahui dulu apa itu rambut? dan apa saja yang mengakibatkan rambut rusak. Next…

tips cara mengatasi rambut rusak
cara mengatasi rambut rusak

Apa Itu Rambut?

Rambut merupaka mahkotanya bagi setiap orang. Karena rambut terletak di bagian atas kepala dan menghiasi kepala kita. Mahkota ini harus kita jaga benar-benar karena jika mahkota itu samapai rusak sudah jelas itu suatu masalah yang harus diselesaikan.

Apa Penyebab Rambut Rusak?

Rambut yang rusak sudah tentu ada penyebabnya. Makai untuk itu, berikut ini yang dapat menjadikan rambut rusak adalah :
1.    Mengucir Rambut
Ketika akan mengucir rambut sebaiknya jangan mengikatnya terlalu kencang dan jang terlalu sering juga mengucir rambut karena pada akhirnya rambut akan rusak karena terlalu kuat dan kencang ketika mengikatnya. Hindari juga mengikat rambut dalam kondisi basah.

2.    Terlalu Sering Menyisir Rambut
Ini adalah hal yang sepele karena ini sering dilakukan. Hati-hati dengan menyisir rambut karena akan mengakibatkan kerusakan ketika anda menysir rambut terlalu sering dan teratur. Sebaiknya sisir rambut anda dengan giginya yang besar dan sisir rambut cukup sampai rapi. Jang diteruskan menyisir ketika sudah rapi ok.

3.    Terlalu Sering Keramas
Jika terlalu sering keramas ini akan mengakibatkan rambut menjadi rusak karena pelembab alami dirambut akan terkikis habis. Jadi, keramaslah secukupnya saja maksimalnya tiga kali saja dalam sehari.

4.    Terkena Sinar Matahari
Jika anda beraktivitas dibawah teriknya sinar matahari tanpa memakai pelindung untuk rambut ini akan mengakibatkan rambut menjadi rusak. Saya sarankan pakai pelindung rambut seperti kerudung atau topi ketika beraktifitas dibawah teriknya sinar matahari.

5.    Mewarnai Rambut
Jika anda mewarnai rambut dengan tidak teratur apalagi sampai salah melakukannya tanpa konsultasi dulu pada ahlinya hal ini malah akan membuat rambut anda menjadi rusak. Maka dengan itu, sebaiknya anda konsultasi pada ahlinya agar rambut anda tidak rusak. Oh iya, hati-hati dengan pewarna rambut karena pewarna biasanya mengandung bahan kimia yang efeknya tidak baik pada rambut.

6.    Pengeritingan
Hati-hati ketika anda akan mengeriting rambut karena kebanyakan bahan yang digunakan untuk mengeriting rambut mengandung bahan kimia ha ini berdampak tidak baik pada rambut yang akhirnya rambut menjadi rusak. Karena kekuatan rambut yang alami akan habis terkikis ketika mengeriting rambut.

7.    Hair Drayer dan Catok
Hati-hati dengan kedua alat ini karena uap panas yang dihasilkan oleh dua alat tersebut akan menyebabkan hidrogen yang merekatkan rambut sehingga rambut menjadi rusak bahkan menjadi kering dan rapuh.
 “Itulah penyebab yang dapat mengakibatkan rambut menjadi rusak.” Nah, sekarang anda tidak perlu galau lagi karena dibawah ini baru akan dibahas cara mengatasi rambut rusak secara alami agar rambut dapat menjadi sehat dan cantik.

Cara Mengatasi Rambut Rusak Secara Alami

Berikut ini beberapa tips cara mengatasi rambut rusak yang bisa anda coba gunakan diwaktu luang anda yaitu :
1.    Dengan Lidah Buaya dan Lemon
Lidah buaya ini memang sangat baik untuk perawatan rambut termasuk rambut yang rusak. Caranya: sediakan lidah buaya secukupnya dan satu sendok makan lemon. Setelah itu, haluskan lidah buaya dengan dibelender hingga seperti jus, campurkan dengan satu sendok makan lemon ke dalam suatu wadah, aduk hingga merata, lalu balurkan pada seluruh rambut, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap harinya agar hasilnya lebih maksimal.

2.    Dengan Minyak Alami

Minyak alami ini diantaranya minyak kelapa, minyak jaitun atau minyak almond. Nah, semua minyak alami ini mampuh mengatasi rambut rusak. Caranya: sediakan minyak alami secukupnya, lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata, lakukan pemijatan halus ketika melakukan pengolesan, diamkan selama 30 menit, kemudian bil;as dengan air dibantu dengan shampoo hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya hingga rambutnya tidak rusak lagi.

3.    Dengan Madu dan Minyak Zaitun
Campuran dari kedua bahan tersebut memang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi rambut rusak. Caranya: sediakan 3 sendok makan madu dan 1 sendok makan minyak zaitun. Setelah itu, campurkan kedua bahan tersebut kedalam suatu wadah, aduk hingga merata, lalu aplikasikan pada seluruh rambut, tutup dengan showe cup, diamkan hingga 13 menit, kemudian bilas dengan air dibantu dengan shampoo hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

4.    Dengan Buah Alpukat dan Kuning Telur

Campuran dari kedua bahan tersebut dapat diandalkan untuk mengatasi rambut yang rusak. Caranya: sediakan satu alpukat dan satu butir kuning telur. Setelah itu, campurkan daging alpukat dan kuning telur kedalam suatu wadah, aduk-aduk hingga merata, lalu aplikasikan pada rambut anda yang rusak secara merata, tutup dengan handuk hangat, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dibantu dengan shampoo hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

5.    Dengan Kuning Telur, Minyak Zaitun dan Madu
Ramuan dari ketiga bahan tersebut ternyata dapat dijadikan solusi untuk mengatasi rambut rusak. Caranya: sediakan satu butir kuning telur ayam, 3 sendok minyak zaitun, dan 1 sendok makan madu. Stelah itu, campurkan semua bahan kedalam suatu wadah, aduk-aduk hingga merata, lalu aplikasikan pada seluruh rambut secara merata, tutup dengan shower cup, diamkan hingga satu jam, kemudian bilas dengan air hingga bersih dibantu dengan shampoo bayi. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya satu kali.

6.    Dengan Pepaya dan Yogurt
Papaya ini memang kaya akan protein dan rambut membutuhkan protein untuk dapat menyehatkan rambut. Caranya: sediakan 200 gram papaya dan 2 sendok makan yogurt. Setelah itu, hancurkan papaya hingga halus dan campurkan dengan 2 sendok makan yogurt kedalam suatu wadah, aduk hingga merata, lalu aplikasikan pada seluruh rambut, tutp dengan shower cup, diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air dibantu dengan shampoo hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

7.    Dengan Kondisioner Madu
Madu ini ternyata bisa dijadikan kondisioner karena kondisioner dari madu ini mampuh untuk mengatasi rambut yang rusak dan mampu memberikan kelembaban yang sangat maksimal. Caranya: sediakan madu secukupnya, lalu oleskan madu pada seluruh rambut, tutup dengan shower cup, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dibantu dengan shampoo hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiapa hari agar hasilnya lebih maksimal.

8.    Dengan Yogurt, Putih Telur dan Mayonese
Campuran dari ketiga bahan tersebut memang sangat baik untuk mengatasi rambut yang rusak. Caranya: sediakan yogurt, mayones secukupnya dan satu butir putih telur. Setelah itu, kocok putih telur dengan kecepatan tinggi, tambahkan yogurt dan mayones secukupnya, aduk hingga merata, lalu aplikasikan pada seluruh rambut hingga merata, tutup dengan shower cup, diamkan hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air dibantu dengan shampoo hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

9.    Dengan Minyak Zaitun
Minyak zaitun ini terkenal dengan nutrisinya yang sangat baik untuk mengatasi rambut yang rusak. Caranya: sediakan minyak zaitu secukupnya, alau oleskan pada rambut secara merata, diamakn hingga 30 menit, kemudian bials dengan air hingga bersih.lakukan cara ini secara rutin setiap harinya. Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun ini sebagai minyak rambut.

!!!
Nah, itulah beberapa tips cara mengatasi rambut rusak secara alami yang bisa anda coba gunakan. Semoga tips cara diatas dapat bermanfaat. Aminnn.
Baca juga artikel perawatan rambut berikut ini : Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering Secara Alami
Sumber : http://carasehathidup.blogspot.com/2013/12/cara-merawat-rambut-rusak-dan-bercabang.html

Sekian dan terimakasih