Thursday 18 September 2014

Penyebab Rambut Rusak, Kering dan Bercabang

Penyebab Rambut Rusak, Kering dan Bercabang – Rambut menjadi rusak, kering dan bercabang pasti itu semua ada penyebabnya. Karena tidak mungkin ada akibat kalu tidak ada penyebabnya sama dengan hal ini akibatnya rambut menjadi rusak, kering dan bercabang pasti ada penyebabnya. Rambut rusak, kering dan bercabang ini sebuah masalah bagi setiap orang maka dengan itu, harus segera diatasi agar rambut terlihat indah dan berkilau. Sebelum kepenyebabnya alangkah lebih baiknya kita ketahui dulu definisi rambut yang mengharusakn kita untuk menjaganya. Next…

penyebab rambut rusak, kering dan bercabang
peneyabab rambut rusak, kering dan bercabang

Rambut adalah mahkota bagi setiap orang. Maka dengan itu, mahkota ini harus kita jaga dan jangan samapi rusak karena kalu samapai rusak ini adalah suatu masalah yang haru segera teratasi. Nah, sama dengan rambut, rambut harus kita jaga dan jangan sampai rusak kalau sampai rambut menjadi rusak, kering dan bercabang ini adalah suatu masalah dan harus dengan segera diselesaikan. Itulah definisi dari rambut yang mengharuskan kita untuk menjaganya. Nah, sekarang mari kita ketahui apa yang menjadi penyebab rambut menjadi rusak, kering dan bercabang.

Penyebab Rambut Rusak, Kering dan Bercabang

Berikut ini penyebab rambut rusak, kering dan bercabang yang harus diketahui :

1.    Paparan Sinar Matahari

Ketika anda beraktivitas dibawaha paparan sinar matahari yang terlalu terik ini akan membuat rambut anda menjadi kering, rusak yang akhirnya bercabang. Maka, ketika anda beraktivitas dibawah teriknya sinar matahari saya sarankan untuk menutupi rambut seperti dengan kerudung, topi dan yang lain ini berfungsi sebagai penghalang agar sinar matahari tidak langsung kerambut dan rambut akan tetap sehat.

2.    Mewarnai Rambut

Jika anda terlalu sering dan tidak teratur mewarnai rambut anda ini akan mengakibatkan rambut menjadi rusak, kering dan akhirnya bercabang. Maka dengan itu, hati-hati dengan pewarna rambut karena kebanyakan dari pewarna ini mengandung bahan kimia. Saya sarankan untuk konsultasi dulu pada ahlinya sebelum anda melakukan pewarnaan pada rambut anda.

3.    Mengucir Rambut

Jika anda mengucir rambut dengan cara yang salah ini akan mengakibatkan rambut anda menjadi rusak. Kucir ini biasa dinamakan kucir kuda, hati-hati ketika mengucir rambut jangan terlalu kencang karena jika terlalu kencang akan menimbulkan rasa sakit dan dampaknya nanti rambut akan menjadi rusak.

4.    Kualitas Air

Jika air yang anda gunakan untuk keramas mengandung bahan kimia ini akan berdampak buruk pada rambut dan rambut akan mengalami kekeringan dan nantinya rambut menjadi rusak, kusam, rapuh dan bercabang. Makan berhati-hatilah dengan air yang mengandung bahan kimia agar rambut anda tetap sehat.

5.    Gesekan

Gesekan yang terlalu keras dan sering ini akan mengakibatkan kerusakan pada rambut. Misalnya ketika tidur saya sarankan ikat rambut secara halus agar tidak terlalu tergesek oleh bantal dan sejenisnya. Oh iya, gesekan dengan handuk, ketika selesai keramas saya sarankan jangan terlalu menggosok terlalu kasar karena hal ini akan berdampak buruk pada rambut dan rambut menjadi rusak, kering dan akhirnya bercabang.

6.    Kuarang Nutrusi

Kurangnya nutrisi juga terkadangan akan mengakibatkan kerusakan pada rambut. Maka dengan itu komsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperi zat besi dan seng karena zat ini akan menstabilkan rambut tetap kuat dan sehat dan jika kekurangan nutrisi dari zat tersebut rambut akan mudah rapuh dan bercabang.

7.    Sering Keramas

Keramas ini sebenarnya baik untuk kesehatan rambut dan rambut akan tetap sehat. Namun, jika terlalu sering keramas atau mencuci rambut hal ini akan berdamapak buruk pada rambut dan rambut akan mudah rusak. Maka dengan itu, keramas secukupnya yaitu 3 kali saja dalam sehari karena dengan keramas yang cukup akan menstabilkan rambut sehingga rambut akan tetap sehat dan kuat.

8.    Menyisir Saat Basah

Ketika rambut basah, rambut ini dalam keadaan lemah. Maka gunakan sisir rambut yang giginya lebar karena hal ini akan mejaga rambut dari kerusakan. Jika menyisir saat basah jang terlalu sering disisir karena akan berdampak buruk pada rambut dan rambut akan menjadi rusak, cukup menysisir secukupnya saja hingga rapi jang terus disisir kalau rambut sudah rapi ok.

9.    Usia Rambut

Rambut semakin panjang semakin usianya lanjut maka jangan heran jika rambut anda mengalami kerusakan dan bercabang karena hal ini usia rambut sudah lanjut atau tua.

10.    Pengeritingan

Hati-hati ketika anda akan mengeriting rambut karena kebanyakan bahan yang digunakan untuk mengeriting rambut mengandung bahan kimia hal ini berdampak tidak baik pada rambut yang akhirnya rambut menjadi rusak. Karena kekuatan rambut yang alami akan habis terkikis ketika mengeriting rambut.

11.    Hair Drayer dan Catok

Hati-hati dengan kedua alat ini karena uap panas yang dihasilkan oleh dua alat tersebut akan menyebabkan hidrogen yang merekatkan rambut sehingga rambut menjadi rusak bahkan menjadi kering dan rapuh.

12.    Terlalu Sering Menggunakan Pengering Rambut

Jika anda termasuk orang yang sering menggunakan pengering rambut, berhati-hatilah denga alat ini karena jika dilakukan terlalu sering dan tidak teratur ini akan mengakibatkan rambut anda menjadi rusak seperti rambut menjdi kering. Jadi, keringkanlah rambut anda secara alami seperti diangin-angin, dikipas dan lai-lain.

13.    Factor Keturunan

Factor keturunan ini juga tidak menutup kemungkinan yang menjadi penyebab rambut menjadi rusak, kering dan bercabang. Nah, ketika rambut mengalami kerusakan, kering dan bercabang alangkah baiknya juga anda melihat dari keluarga jika memang ada salah satu dari keluarga anda yang mengalami kerusakan, kekeringan padarambut itu juga bisa disebutkan sebagai penyebabnya.

!!!
Itulah beberapa penyebab rambut rusak, kering dan bercabang yang harus anda ketahui.
Nah, untuk mengatasi hal tersebut anda baca saja artikel ini tips cara mengatasi rambut rusak, kering dan bercabang secara alami.

Sekian dan terimakasih



EmoticonEmoticon